PENGEMBANGAN MATERI AJAR EJAAN BERBASIS APLIKASI CERBASIA MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 10 PADA SISWA KELAS VII

AUDREY SAGITA PURNOMO, . (2024) PENGEMBANGAN MATERI AJAR EJAAN BERBASIS APLIKASI CERBASIA MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 10 PADA SISWA KELAS VII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[img] Text
LAMPIRAN (22)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar ejaan berbasis aplikasi Cerbasia menggunakan iSpring suite 10 pada siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Pengujian kelayakan produk diuji oleh ahli materi, ahli media, dan tanggapan guru Bahasa Indonesia, serta tanggapan 15 orang peserta didik kelas VII SMP Diponegoro 1 Jakarta. Hasil penelitian ini berupa materi ajar ejaan berbasis aplikasi Cerbasia menggunakan iSpring Suite 10 pada siswa kelas VII yang dapat diakses menggunakan gawai atau perangkat komputer yang terhubung dengan internet. Kelayakan materi ajar ejaan berbasis aplikasi Cerbasia menggunakan iSpring Suite 10 pada siswa kelas VII oleh ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,85 dengan persentase sebesar 97% sehingga termasuk ke dalam kategori sangat layak. Sementara itu, kelayakan materi ajar ejaan berbasis aplikasi Cerbasia menggunakan iSpring Suite 10 pada siswa kelas VII oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,8 dengan persentase sebesar 97% sehingga termasuk ke dalam kategori sangat layak. Selanjutnya, aspek yang diperoleh dari uji coba kelayakan guru bahasa Indonesia mendapatkan skor 5 dengan persentase 100% termasuk ke dalam kategori sangat layak. Serta uji coba kelompok kecil oleh peserta didik mendapatkan skor rata-rata 9,7 dengan persentase 94% sehingga termasuk ke dalam kategori sangat layak. Materi ajar ejaan berbasis aplikasi Cerbasia menggunakan iSpring Suite 10 pada siswa kelas VII memiliki implikasi dalam pembelajaran yang dapat dimanfaatkan sebagai materi ajar untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menguasai materi ejaan. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan materi ajar ejaan berbasis aplikasi Cerbasia menggunakan iSpring Suite 10 pada siswa kelas VII sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. ***** This research aims to develop spelling teaching materials based on the Cerbasia application using iSpring Suite 10 for seventh-grade students. The study utilizes the Research and Development (R&D) method. The development model employed in this research is ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data are gathered through observations, interviews, and questionnaires. The data processing techniques used are qualitative and quantitative. The product's feasibility is tested by subject matter experts, media experts, Indonesian language teachers, and feedback from 15 students of Class VII at SMP Diponegoro 1 Jakarta. The research yields spelling teaching materials based on the Cerbasia application using iSpring Suite 10 for seventh-grade students, accessible via devices or computers connected to the internet. The feasibility assessment of these teaching materials by subject matter experts received an average score of 4.85, with a percentage of 97%, categorizing it as highly feasible. Similarly, the assessment by media experts resulted in an average score of 4.8, with a percentage of 97%, also classified as highly feasible. Furthermore, the evaluation by Indonesian language teachers scored 5, with a 100% rating, indicating it is highly suitable. The small group trial by students received an average score of 9.7, with a percentage of 94%, thus falling into the highly suitable category. The spelling teaching materials based on the Cerbasia application using iSpring Suite 10 for seventh-grade students have implications for learning and can be utilized as teaching materials to enhance students' proficiency in mastering spelling, particularly in the use of capital letters, italics, comma punctuation, initial letters, and pronouns. Based on these assessments, it can be concluded that the development product of spelling teaching materials based on the Cerbasia application using iSpring Suite 10 for seventh-grade students is highly suitable for

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd.; 2). Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Penulisan dan Ejaan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Audrey Sagita Purnomo .
Date Deposited: 05 Feb 2024 00:20
Last Modified: 05 Feb 2024 00:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44362

Actions (login required)

View Item View Item