ELSA SABILA, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SENSORY PATH DENGAN SUARA DALAM ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (520kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (223kB) |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (885kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkam model permainan sensory path dengan suara dalam aspek perkembangan kognitif anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE, yaitu dengan mengembangkan model permainan dengan 5 (Lima) tahapan, yaitu 1.) Analisis (Analyze), 2.) Desain (Design), 3.) Pengembangan (Development), 4.) Pelaksanaan (Implementation), 5.) Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah murid sekolah PAUD yang berjumlah 40 anak sebagai subjek Uji Coba (Praktek Lapangan). Model permainan yang dibuat kemudian diuji validasi dengan menggunakan uji justifikasi ahli, dimana model yang dibuat diujicobakan, kemudian dikonsultasikan dan dinilai oleh para ahli sesuai dengan variable yang terikat. Uji coba yang dilakukan dengan cara memberikan 10 model permainan sensori yang telah dibuat peneliti untuk dianalisa dengan justifikasi oleh ahli (expret judgment). Setelah dilakukan validasi dan revisi kembali oleh dosen ahli maka didapatkanlah 10 model permainan yang dinyatakan layak untuk diterapkan kepada murid PAUD. Hasil pengembangan menunjukan bahwa model permainan sensory path dengan suara dalam aspek perkembangan kognitif anak dinilai layak untuk diterapkan. ***** This development aims to produce a sensory path game model with sound to aspects of early childhood cognitive development. The research method used in this research is the ADDIE method, namely by developing a game model with 5 (five) stages, namely 1.) Analysis, 2.) Design, 3.) Development, 4. ) Implementation, 5.) Evaluation. The research subjects used in this research were 40 PAUD school students as trial subjects (field practice). The game model created is then tested for validation using an expert justification test, where the model created is tested, then consulted and assessed by experts according to the dependent variable. The trial was carried out by providing 10 sensory game models that had been created by researchers to be analyzed with justification by experts (expret judgment). After validation and revision by expert lecturers, 10 game models were found which were deemed suitable for application to PAUD students. The development results show that the sensory path game model with sound in aspects of children's cognitive development is considered feasible to be implemented.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. ARYATI, M.Pd; 2).ABDUL KHOLIK, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan |
Divisions: | FIO > Olahraga Rekreasi |
Depositing User: | Users 21532 not found. |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 00:03 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 00:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44389 |
Actions (login required)
View Item |