PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF ASKING AND OFFERING HELP UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X DI SMA NEGERI 62 JAKARTA

ASFARA ZIANADEZDHA, . (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF ASKING AND OFFERING HELP UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X DI SMA NEGERI 62 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berupa video pembelajaran interaktif Asking and Offering Help untuk peserta didik kelas X di SMA Negeri 62 Jakarta dalam rangka memfasilitasi pembelajaran bahasa Inggris di dalam kelas. Pengembangan video pembelajaran didasarkan pada analisis kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Video pembelajaran interaktif merupakan media pembelajaran yang baru dibandingkan dengan media pembelajaran yang sebelumnya digunakan, yaitu media presentasi. Proses pengembangan video pembelajaran interaktif ini menerapkan model pengembangan 4D. Model pengembangan 4D terdiri atas empat tahapan utama, yaitu tahap pendefinisian, tahap desain, tahap pengembangan, dan tahap penyebarluasan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan video pembelajaran interaktif yang dapat diakses melalui tautan dan dimuat pada poster. Dalam proses pengembangannya, video pembelajaran interaktif ini telah melalui penilaian ahli media pembelajaran dan ahli materi pelajaran. Dan sudah melalui serangkaian uji coba pengguna, yaitu uji coba one to one, small group, dan field test. Melalui serangkaian proses ini, maka video pembelajaran interaktif adalah media yang dapat digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran Asking and Offering Help. ***** This development research aims to produce learning products in the form of interactive learning videos Asking and Offering Help material for class X students in SMA Negeri 62 Jakarta in order to facilitate English subjects learning in the classroom. Learning video development is based on an analysis of learning needs and objectives. Interactive learning videos are a new learning media compared to previously used learning media, namely, presentation media. The process of developing this interactive learning video applied a 4D development model. The 4D development model comprises four main stages: definition, design, development, and dissemination. This development research produced interactive learning videos that can be accessed via links and included on posters. In the development process, this interactive learning video has gone through the assessment of learning media and subject matter experts. It has undergone a series of user trials, namely one-to-one, small-group, and field tests. Through this series of processes, interactive learning videos can be used to facilitate Asking and Offering Help in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suprayekti, M.Pd. ; 2). Retno Widyaningrum, S.Kom., M.M.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Asfara Zianadezdha .
Date Deposited: 06 Feb 2024 00:14
Last Modified: 06 Feb 2024 00:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44458

Actions (login required)

View Item View Item