PENGEMBANGAN E-MODULE UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PEMBUATAN KONTEN KREATIF TIKTOK MENGENAI PROGRAM PENCEGAHAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA BAGI PEGAWAI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI DKI JAKARTA

SASKIA DESTYANA, . (2023) PENGEMBANGAN E-MODULE UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PEMBUATAN KONTEN KREATIF TIKTOK MENGENAI PROGRAM PENCEGAHAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA BAGI PEGAWAI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pengetahuan pegawai BNNP DKI Jakarta melalui pengembangan E-Module terkait konten kreatif tiktok yang efektif sebagai media edukasi program P4GN. (2) mengetahui tingkat kelayakan media E-Modul pembuatan konten kreatif tiktok sebagai media edukasi program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika bagi pegawai BNNP DKI Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) serta model yang digunakan dalam proses pengembangan media pembelajaran E-Module dalam meningkatkan pengetahuan pembuatan konten kreatif TikTok menggunakan model pengembangan media Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan melalui 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif sebagai data pokok dan data kualitatif berupa saran dari responden sebagai data tambahan. Sampel pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 15 orang pegawai BNNP DKI Jakarta. Selanjutnya jenis analisis data yang sudah diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa: (1) Pengembangan media pembelajaran E-Module dalam meningkatkan pengetahuan pembuatan konten kreatif TikTok sebagai media edukasi mengenai P4GN melalui beberapa tahapan yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi, (2) Kelayakan media dan materi pada media pembelajaran E-Module pembuatan konten kreatif TikTok mengenai P4GN memiliki presentase 4,78 dengan kategori sangat baik, serta memiliki rata-rata skor pada kualitas media adalah 96%. Sedangkan presentasi media E-Module dari segi materi memiliki presentase 4,5 dengan kategori sangat baik, serta memiliki rata-rata skor pada kualitas materi adalah 90,6%. ***** This research aims to: (1) enhance the knowledge of BNNP DKI Jakarta officials through the development of an E-Modul related to creative TikTok content that is effective as an educational media for the P4GN program, and (2) determine the feasibility of the E-Modul for creating creative TikTok content as an educational media for the prevention and eradication of drug abuse and trafficking for BNNP DKI Jakarta officials. The research method used in this study is the Research and Development (R&D) method, employing the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) model in the development process of the E-Module to enhance knowledge in creating creative TikTok content for the P4GN program. The development process involves six stages: concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution. Data collection is conducted through tests, observations, questionnaires, and documentation. The data sources include quantitative data as the primary data and qualitative data in the form of suggestions from respondents as additional data. The sample for data collection in this research is 15 officials from BNNP DKI Jakarta. The type of data analysis used in this research is qualitative descriptive statistics. The results of the research indicate that: (1) The development of E-Modul enhances knowledge in creating creative TikTok content as an educational media for P4GN through stages including concept, design, material collection, creation, testing, and distribution. (2) The feasibility of the media and material in the e-module for creating creative TikTok content about P4GN has a percentage of 4.78 with an excellent category, and the average score for media quality is 96%. Meanwhile, the presentation of E-Modul media in terms of content has a percentage of 4.5 with an excellent category, and the average score for material quality is 90.6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Anan Sutisna, M.Pd. ; 2). Prof Dr.Hafid Abbas.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 21458 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2024 00:56
Last Modified: 06 Feb 2024 00:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44478

Actions (login required)

View Item View Item