KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SMA PONDOK KARYA PEMBANGUNAN (PKP) DKI JAKARTA

SALSA NABILAH, . (2024) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SMA PONDOK KARYA PEMBANGUNAN (PKP) DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (917kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kepemimpinan transformasional dalam implementasi program sekolah penggerak di SMA PKP DKI Jakarta. Sub fokus pada penelitian ini meliputi dimensi motivasi inspirasional (inspirational motivation) dan stimulasi intelektual (intellectual stimulation) kepala sekolah dalam implementasi program sekolah penggerak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui kegiatan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kepala tata usaha, dan guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk penerapan dan pemberian motivasi inspirasional (inspirational motivation) kepala SMA PKP DKI Jakarta dalam implementasi program sekolah penggerak yaitu dengan mengkomunikasikan visi, misi, dan tujuan secara jelas kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikannya; membangun komunikasi yang baik dengan para pendidik dan tenaga kependidikan; memberikan contoh dan menjadi panutan yang menginspirasi; dan memberikan apresiasi kepada warga sekolahnya yang berprestasi. (2) Bentuk stimulasi intelektual kepala sekolah yaitu dengan mengadakan sosialisasi seputar program sekolah penggerak, terbuka terhadap ide-ide kreatif, mendorong pendidik dan tenaga kependidikannya untuk mengikuti pelatihan, memberikan kesempatan bagi mereka untuk diseminasi baik di pihak internal atau eksternal, membangun perilaku adaptif akan perubahan, dan melakukan monitoring kelas maupun lingkungan sekolah. ***** This study aims to describe the application of transformational leadership in the implementation of the sekolah penggerak program at PKP DKI Jakarta High School. The sub-focus of this research includes the dimensions of inspirational motivation and intellectual stimulation of the principal in the implementation sekolah penggerak program. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The data collection techniques used were observation, interview, and documentation study. The informants in this study were the principal, vice principal for curriculum, head of administration, and teachers. The results of this study show that: (1) The form of application and provision of inspirational motivation of the head of PKP DKI Jakarta High School in implementing the sekolah penggerak program is by clearly communicating the vision, mission, and goals to all educators and education personnel; building good communication with educators and education staff; providing examples and being an inspiring role model; and giving appreciation to school members who excel. (2) The form of intellectual stimulation of the principal is by conducting socialization about the sekolah penggerak program, being open to creative ideas, encouraging educators and educational staff to take part in training, providing opportunities for them to disseminate either internally or externally, building adaptive behavior for change, and monitoring the classroom and school environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Matin, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Nurhattati Fuad, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 21468 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2024 00:29
Last Modified: 06 Feb 2024 00:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44503

Actions (login required)

View Item View Item