KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENGANTISIPASI BULLYING ANAK USIA 4-6 TAHUN (PENELITIAN EXPLANATORY MIXED METHODS DI KECAMATAN PULO GADUNG, JAKARTA TIMUR)

ANISAH, . (2024) KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENGANTISIPASI BULLYING ANAK USIA 4-6 TAHUN (PENELITIAN EXPLANATORY MIXED METHODS DI KECAMATAN PULO GADUNG, JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)
[img] Text
LAMPIRAN (10)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan pendidikan dan pembelajaran sangat ditentukan oleh apa yang terjadi di dalam kelas karena sudah seharusnya kelas dikelola secara kompeten oleh guru. Kelas di lembaga PAUD tidak menutup kemungkinan menjadi tempat dimana anak-anak pertama kali melihat dan mengalami tindakan bullying. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan guru dalam mengelola kelas dan mengantisipasi bullying anak usia 4-6 tahun di lembaga PAUD. Jenis penelitian ini adalah penelitian mixed method dengan menggunakan model explanatory mixed methods design. Data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 115 guru lembaga PAUD nonformal di Kecamatan Pulo Gadung, sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara guru sebanyak 11 orang guru, observasi di 3 lembaga PAUD nonformal, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang memiliki kemampuan dalam mengelola kelas berada pada kategori cukup baik sebesar 60,80%, sedangkan, kemampuan guru untuk mengantisipasi bullying anak di dalam kelas berada pada kategori kurang baik sebesar 64,30%. Hasil perolehan tersebut menggambarkan bahwa masih banyak guru yang belum mampu dalam menyusun materi pembelajaran dengan mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik setiap anak, penataan perabot yang tidak sesuai karena tempat yang terbatas, kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, dan kurangnya pemahaman serta strategi guru untuk memperhatikan ataupun mengindentifikasikan berbagai bentuk dan karakteristik tindakan bullying yang ditandai dengan banyaknya kasus bullying anak yang ditemui di dalam kelas. ***** The success of education and learning is largely determined by what happens in the classroom because the classroom should be managed competently by the teacher. Classes in PAUD institutions do not rule out the possibility of being the place where children first see and experience bullying. This research aims to obtain an overview of teachers' abilities in managing classes and anticipating bullying of children aged 4-6 years in PAUD institutions. This type of research is mixed method research using an explanatory mixed methods design model. Quantitative data was collected through questionnaires distributed to 115 teachers at non-formal PAUD institutions in Pulo Gadung District, while qualitative data was collected through teacher interviews with 11 teachers, observations at 3 non-formal PAUD institutions, and documentation. The research results show that teachers who have the ability to manage the classroom are in the quite good category at 60.80%, meanwhile, the teacher's ability to anticipate bullying of children in the classroom is in the poor category at 64.30%. These results illustrate that there are still many teachers who are unable to prepare learning materials by considering the needs and characteristics of each child, inappropriate furniture arrangements due to limited space, lack of adequate facilities and infrastructure, and teachers' lack of understanding and strategies for paying attention or identifying various forms and characteristics of bullying acts which are characterized by the many cases of bullying of children encountered in the classroom.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sri Wulan, M.Si. ; 2). Hikmah, MM., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 20977 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2024 00:15
Last Modified: 07 Feb 2024 00:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44582

Actions (login required)

View Item View Item