HAFIDZ RIDHATAMA, . (2024) ANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR CENGKEH INDONESIA DI LIMA NEGARA TUJUAN UTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia merupakan negara produsen cengkeh terbesar di dunia dan menjadikan cengkeh sebagai salah satu komoditas unggulan ekspor. Hal tersebut menjadi kesempatan sekaligus tantangan untuk dapat bersaing dengan negara eksportir cengkeh lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing dan faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor cengkeh Indonesia di lima negara tujuan utama. Analisis daya saing menggunakan metode Revealed Comparative Advantage (RCA). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor cengkeh Indonesia menggunakan model gravitasi dan metode regresi data panel yang diolah memakai perangkat lunak EViews 12. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan lima objek penelitian yaitu Malaysia, Uni Emirat Arab (UEA), Singapura, Saudi Arabia, dan Vietnam pada tahun 2012 hingga 2021, bersumber dari BPS, Kementerian Perdagangan, UN Comtrade, International Trade Center, World Bank, dan FAO. Hasil analisis RCA menunjukkan cengkeh Indonesia memiliki keunggulan komparatif dan berdaya saing kuat di lima negara tujuan utama. Hasil faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor cengkeh Indonesia menemukan bahwa PDB riil negara tujuan dan harga ekspor memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap volume ekspor cengkeh. Sementara itu jarak ekonomi memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap volume ekspor cengkeh. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa cengkeh Indonesia memiliki keunggulan komparatif dan berdaya saing kuat sehingga petani cengkeh harus dapat memanfaatkan kondisi pasar negara tujuan dan memetakan negara-negara dengan permintaan cengkeh yang besar. Kemudian, produsen atau petani dapat memperhatikan dan memanfaatkan harga ekspor cengkeh di pasar internasional serta mempertimbangkan jarak negara tujuan yang dapat mempengaruhi biaya transportasi. Selain itu, pemerintah Indonesia harus dapat memperhatikan atau memperhitungkan perekonomian negara-negara pengimpor cengkeh untuk menentukan penerapan strategi ekspor cengkeh. **** Indonesia is the largest clove producing country in the world and makes cloves as one of the leading export commodities. This is both an opportunity and a challenge to be able to compete with other clove exporting countries. This study aims to analyze the competitiveness and factors affecting Indonesian clove exports in five main destination countries. Competitiveness analysis using the Revealed Comparative Advantage (RCA) method. Analysis of factors affecting Indonesian clove exports using gravity model and panel data regression methods processed using EViews 12 software. This study uses secondary data with five research objects, namely Malaysia, United Arab Emirates (UAE), Singapore, Saudi Arabia, and Vietnam from 2012 to 2021, sourced from BPS, Ministry of Trade, UN Comtrade, International Trade Center, World Bank, and FAO. The results of RCA analysis show that Indonesian cloves have a strong comparative and competitive advantage in five main destination countries. The results of factors affecting Indonesia's clove exports found that the destination country's real GDP and export prices had a positive and significant influence on the volume of clove exports. Meanwhile, economic distance has a negative and significant influence on the export volume of cloves. The implications of this study show that Indonesian cloves have a comparative advantage and strong competitiveness so that clove farmers must be able to take advantage of the market conditions of destination countries and map countries with large demand for cloves. Then, producers or farmers can pay attention and take advantage of clove export prices in the international market and consider the distance of the destination country which can affect transportation costs. In addition, the Indonesian government must be able to pay attention or take into account the economies of clove importing countries to determine the implementation of clove export strategies.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dicky Iranto, SE, M.SE. ; 2). Prof. Dr. Harya Kuncara Wiralaga, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Teori Ekonomi Ilmu Sosial > Sejarah Ekonomi, Kondisi Ekonomi Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 21983 not found. |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 00:59 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 00:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44672 |
Actions (login required)
View Item |