DEVIANA RAMADHANI, . (2024) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN OPTIMISME MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (588kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (178kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara dukungan sosial dengan optimisme mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian kuantitatif korelasional dengan metode survei. Sampel penelitian berjumlah 381 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Alat pengumpulan data menggunakan adaptasi instrumen Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) oleh Zimet, Dahlem, Zimet, & Farley (1988) yang telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Astari (2022) dan Instrumen Life Orientation Test-Revised (LOT-R) oleh Scheir, Carver dan Bridges (1994) yang telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Kurniasih (2019). Uji korelasi menggunakan Rank Spearman dan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara dukungan sosial dan optimisme pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Universitas Negeri Jakarta dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,532 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Aspek tertinggi dukungan sosial berada pada aspek keluarga, sedangkan aspek tertinggi optimisme berada pada aspek ekspetasi positif. Hal ini menandakan bahwa semakin besar dukungan sosial yang diterima subyek maka semakin tinggi pula optimisme yang dimiliki. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial yang diterima subyek maka semakin rendah pula optimisme yang dimiliki mahasiswa. Mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu apabila mahasiswa mendapatkan dukungan sosial dari teman, keluarga dan orang terdekat, karena mereka cenderung lebih optimis dalam proses penyusunan skripsi. ***** This research aims to investigate the relationship between social support and optimism in students who are writing their thesis at Jakarta State University. This research used a quantitative approach with a survey method. The research sample consisted of 381 students. Sampling method used convenience sampling technique. The data collection tool uses an adaptation of the Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) instrument by Zimet, Dahlem, Zimet, & Farley (1988) which has been adapted into Indonesian by Astari (2022) and the Life Orientation Test-Revised (LOT-R) instrument. ) by Scheir, Carver and Bridges (1994) which has been adapted into Indonesian by Kurniasih (2019). The correlation test used Spearman Rank and the research results showed that there is a positive relationship between social support and optimism in students who were writing their theses at Jakarta State University with a correlation coefficient of 0.532 and a significance value of 0.000. The highest aspect of social support is family, while the highest aspect of optimism is positive expectations. This indicates that students can complete their thesis on time, when students percieved social support from friends, family and significant others, it makes students are more optimistic in the process of writing their thesis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Karsih, M.Pd. ; 2). Dr. Eka Wahyuni, MAAPD. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 21937 not found. |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 06:10 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 06:10 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44732 |
Actions (login required)
View Item |