MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) DI SDN CIRACAS 11 PAGI

GITA SAFITRI, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) DI SDN CIRACAS 11 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada siswa kelas V. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Ciracas 11 Pagi Jakarta Timur. Subjek dari penelitian ini adalah siswa VB yang berjumlah 32 orang siswa. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Data kemampuan berpikir kritis muatan matematika pada siklus I mencapai 56,25%, kemudian pada siklus II mengalami 87,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada pembelajaran matemtika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VB SDN Ciracas 11 Pagi Jakarta Timur sehingga guru dapat menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. ***** This classroom action research was carried out to improve critical thinking skills in mathematics subjects through learning modelsPredict Observe Explain (POE) in class V students. This classroom action research was carried out at SDN Ciracas 11 Pagi, East Jakarta. The subjects of this research were 32 VB students. The classroom action research model used in this research is the Kemmis and Mc model. Taggart. Data on critical thinking ability for mathematics content in cycle I reached 56.25%, then in cycle II it reached 87.5%. The conclusion of this research is the application of the learning modelPredict Observe Explain (POE) in mathematics learning can improve the critical thinking skills of class VB students at SDN Ciracas 11 Pagi, East Jakarta so that teachers can use learning modelsPredict Observe Explain (POE) as an alternative to improve students' critical thinking skills in mathematics learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Iva Sarifah, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21557 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2024 00:10
Last Modified: 13 Feb 2024 03:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44733

Actions (login required)

View Item View Item