Nursobah Maulidah., , (2012) Efektivitas Teknik Permainan Hashi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Huruf Hiragana. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
ABSTRAK.pdf Download (131kB) |
|
Text
ANGKET PENELITIAN.pdf Download (21kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (96kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (51kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (365kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (104kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (346kB) |
|
Text
BIOGRAFI PENULIS.pdf Download (67kB) |
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (61kB) |
|
Text
Daftar Nama Siswa Kelas Kontrol & Eksperimen.pdf Download (108kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA obe.pdf Download (125kB) |
|
Text
Gaiyou.pdf Download (210kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR obe okeh.pdf Download (172kB) |
|
Text
Lampiran 1.pdf Download (523kB) |
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (166kB) |
|
Text
POST-test.pdf Download (42kB) |
|
Text
PRE-test.pdf Download (40kB) |
|
Text
resume obe.pdf Download (134kB) |
|
Text
RPP KONTROL.pdf Download (197kB) |
|
Text
RPP skripsi BARU.pdf Download (233kB) |
Abstract
Bahasa Jepang merupakan bahasa yang unik karena tata bahasa dan huruf yang banyak dan berbeda, salah satunya adalah huruf hiragana. Bagi pemelajar asing khususnya pemelajar Indonesia huruf hiragana termasuk sulit dikarenakan jumlahnya yang banyak serta cara penulisan dan membaca yang sulit. Oleh karena itu diperlukan suatu cara untuk mempermudah mempelajarinya, salah satunya yakni dengan belajar melalui teknik permainan hashi. Penelitian yang berjudul “Efektivitas Teknik Permainan Hashi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Huruf Hiragana” ini memiliki tujuan sebagai berikut: 1) untuk mengetahui efektivitas teknik permainan hashi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf hiragana siswa kelas X SMA Pusaka 1 Jakarta; 2) untuk mengetahui manfaat permainan hashi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf hiragana siswa kelas X SMA Pusaka 1 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA Pusaka 1 Jakarta, dan sampel penelitiannya yakni kelas X-3 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Selain itu digunakan instrumen berupa angket berisi 20 pertanyaan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 36,67 dan kelas eksperimen sebesar 41,67. Kemudian setelah dilakukan treatment terhadap kelas eksperimen serta metode Ekspositori terhadap kelas kontrol nilai rata-rata kelas menjadi naik yakni 64 untuk kelas kontrol dan 90,17 untuk kelas eksperimen. Setelah dilakukan Uji-t diketahui bahwa nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel (11,79>2,00), dengan demikian Ho ditolak dan Hk diterima sehingga dapat diketahui bahwa terdapat efektivitas teknik permainan Hashi terhadap pembelajaran di dalam kelas eksperimen dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf hiragana. Berdasarkan pengolahan data angket, diketahui bahwa seluruh siswa sampel (93,33%) menyukai bahasa Jepang dan setengah (50%) siswa berpendapat bahwa bahasa Jepang sulit untuk dipelajari seperti huruf hiragana. Kemudian seluruh siswa (96,67%) berpendapat bahwa media permainan Hashi menyenangkan serta dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf hiragana. Solusi untuk guru adalah lebih banyak memberikan tes membaca dan menulis hiragana, serta memberikan pengajaran dengan menggunakan media yang dapat menunjang kemampuan belajar siswa.. Kata kunci : efektivitas, teknik permainan hashi, hiragana
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) H. Sudjianto, M.Hum 2.) Cut Erra Rismorlita, M.Si. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | putra putra putra |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 15:04 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 15:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/448 |
Actions (login required)
View Item |