TUBAGUS MUHAMMAD GHIFARI RACHMAN, . (2023) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN PADA APLIKASI OVO DAN DANA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (657kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (302kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pelanggan pada aplikasi OVO dan DANA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan dengan tujuan untuk lebih memahami kepuasan pelanggan pengguna dompet digital. Subyek penelitian ini adalah dua aplikasi dompet digital yang ada di Indonesia yaitu OVO dan DANA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Menurut Kriyantono (2020) studi kasus adalah metode penelitian yang menggunakan sumber daya yang banyak (data sebanyak-banyaknya) untuk menyelidiki, menganalisis, dan menjelaskan secara komprehensif berbagai aspek seperti individu, kelompok, program, organisasi atau peristiwa dengan pendekatan yang sistematis. . Sumber data pada penelitian ini adalah sumber primer. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberme. Kegiatan yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis penelitian, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Kesesuaian harapan pada Aplikasi OVO dan DANA sangat baik. Fitur-fitur yang terdapat pada OVO dan DANA dapat mencakup banyak hal sehingga sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari. OVO dan DANA juga sangat membantu kehidupan sehari-hari sehingga menjadi lebih mudah dan efisien. Minat membeli atau menggunakan kembali aplikasi OVO dan DANA sangat baik. Hasil kepuasan pelanggan pengguna Aplikasi OVO dan DANA sangat tinggi. Perbedaan juga tidak ditemukan dalam hal kesesuaian harapan, minat membeli atau menggunakan kembali serta kesediaan merekomendasikan kepada pengguna Aplikasi OVO dan DANA. OVO sedikit lebih unggul dibandingkan DANA karena OVO terhubung dengan Aplikasi Grab sehingga membuat OVO sedikit lebih berguna dibandingkan DANA. Selain itu, sedikitnya kasus ganjil di media sosial terkait OVO juga menjadi faktor OVO sedikit lebih unggul dibandingkan DANA. ***** The purpose of this research is to analysis of customer satisfaction on the ovo and dana application. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. A qualitative approach was used with the aim of better understanding customer satisfaction with digital wallet users. The subjects of this research are two digital wallet applications in Indonesia, namely OVO and DANA. The method used in this research is a case study. According to Kriyantono (2020) a case study is a research method that uses a lot of resources (as much data as possible) to comprehensively investigate, analyze and explain various aspects such as individuals, groups, programs, organizations or events with a systematic approach. The data source for this research is a primary source. Data analysis in this research uses the Miles and Huberme model. The activities used in data analysis are data reduction, data presentation, and conclusions. Based on the results of processing and analyzing research, the following conclusions can be drawn: The conformity of expectations on the OVO and DANA Applications is very good. The features found in OVO and DANA can cover many things so that they suit your daily needs. OVO and DANA are also very helpful in everyday life so that it becomes easier and more efficient. Interest in purchasing or reusing the OVO and DANA applications is very good. Customer satisfaction results for OVO and DANA Application users are very high. There were also no differences found in terms of suitability of expectations, interest in buying or reusing and willingness to recommend to OVO and DANA Application users. OVO is slightly superior to DANA because OVO is connected to the Grab Application, making OVO slightly more useful than DANA. Apart from that, the small number of odd cases on social media regarding OVO is also a factor in OVO being slightly superior to DANA
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Agung Kresnamurti Rivai P., ST, M.M. ; 2). Andi Muhammad Sadat, SE., M.Si., Ph.D |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | FE > D IV Pemasaran Digital |
Depositing User: | Users 22087 not found. |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 02:14 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 02:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44827 |
Actions (login required)
View Item |