PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP NOMOPHOBIA PADA MAHASISWA

RYAN MEICO PRATAMA, . (2024) PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP NOMOPHOBIA PADA MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (865kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (253kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap nomophobia pada mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan analisis regresi sederhana. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dan memperoleh 102 responden dengan kriteria mahasiswa yang berkuliah di Jakarta, berusia 18 hingga 25 tahun dan pengguna smartphone. Alat ukur penelitian ini menggunakan kuesioner nomophobia (NMP-Q) berjumlah 20 item dan skala kontrol diri (versi brief’s scale) berjumlah 13 item. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai sig. 0.003, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada kontrol diri terhadap nomophobia pada mahasiswa. Pengaruh yang diberikan kontrol diri terhadap nomophobia menunjukkan nilai r square sebesar 0,086 atau 8,6% dan hasil koefisien regresi sebesar -1,045. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan kontrol diri terhadap nomophobia pada mahasiswa, artinya semakin tinggi kontrol diri maka akan semakin rendah nomophobia, sebaliknya semakin rendah kontrol diri maka semakin tinggi nomophobia. Kata kunci: kontrol diri, nomophobia, mahasiswa This study aims to investigate the influence of self-control on nomophobia among university students. The methodology employed in this study is a quantitative approach involving simple regression analysis. Sampling for this research was conducted using accidental sampling technique and obtained 102 respondents meeting the criteria of university students studying in Jakarta, aged between 18 to 25 years old, and smartphone users. The study employed a 20-item nomophobia questionnaire (NMP-Q) and a 13-item self-control scale (brief’s scale version). The findings of this study revealed a significance value of 0.003, signifying a significant influence of self-control on nomophobia among university students. The effect exerted by self-control on nomophobia demonstrated an r-square value of 0.086 or 8.6%, with a regression coefficient of -1.045. It can be concluded that there is a significant negative influence of self-control on nomophobia among students, signifying that higher levels of self-control correlate with lower levels of nomophobia, while lower levels of self-control correspond to higher levels of nomophobia. Keywords: self control, nomophobia, students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Fitri Lestari Issom, M.Si. 2). Fildzah Rudyah Putri, M.Si.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 22094 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2024 03:38
Last Modified: 15 Feb 2024 03:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44835

Actions (login required)

View Item View Item