UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TATA SURYA MELALUI KOMIK DIGITAL DI KELAS VI-A SD RABBANIYYUN ISLAMIC SCHOOL

ABIDAH KAFILATUL JANNAH, . (2024) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TATA SURYA MELALUI KOMIK DIGITAL DI KELAS VI-A SD RABBANIYYUN ISLAMIC SCHOOL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (835kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui apakah penggunaan komik digital sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA khususnya materi tata surya pada siswa kelas VI secara efektif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VI-A SD Rabbaniyyun Islamic School yang berjumlah 16 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran komik digital terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA khususnya pada materi tata surya. Pada siklus I siswa yang mencapai nilai ≥75 sebanyak 53%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 75%. Adapun hasil pemantauan tindakan pada aspek aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata persentase sebesar 100% dan pada siklus II stagnan dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 100%. Sedangkan hasil pemantauan tindakan pada aspek aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata persentase sebesar 75%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh rata-rata persentase sebesar 100%. Hal ini menunjukkan bahwa komik digital dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar tata surya siswa. ***** This study aims to determine whether digital comics can effectively improve science learning outcomes, especially solar system material in grade VI students. The subjects in this study were students of class VI-A Rabbaniyyun Islamic Elementary School with a total of 16 students. The research method used is classroom action research with the Kemmis & Mc Taggart model. The results showed that the use of digital comic learning media proved effective in improving science learning outcomes, especially on solar system material. In cycle I students who achieved a score of ≥75 were 53%, while in cycle II it increased to 75%. The results of monitoring actions on aspects of teacher activity in cycle I obtained an average percentage of 100% and in cycle II stagnated with an average percentage of 100%. Meanwhile, the results of monitoring actions on aspects of student activity in cycle I obtained an average percentage of 75%, then increased in cycle II by obtaining an average percentage of 100%. This shows that digital comics can be used as an alternative learning media in an effort to improve student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M. Pd. ; 2). Dr. Gusti Yarmi, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21517 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2024 00:44
Last Modified: 15 Feb 2024 00:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44840

Actions (login required)

View Item View Item