PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SEKOLAH DASAR

PUTRI KARTIKA DAMAYANTI, . (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text
LAMPIRAN (16)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gondangdia 01 Pagi, Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester 1 tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksankan 3 siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi sebagian besar perencanaan ulang pada siklus selanjutnya. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam muatan Pendidikan Pancasila dengan menerapkan model kooperatif tipe teams games tournament yaitu pada siklus I 34,6% menjadi 53,8% pada siklus II. Kemudian meningkat lagi pada siklus III menjadi 84,6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IVA SDN Gondangdia 01 Pagi Jakarta Pusat sehingga guru dapat menggunakan model pembelajaran ini sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. ***** This classroom action research (PTK) aims to determine whether there is an increase in students' critical thinking skills through a cooperative learning model of teams games tournament type in class IV of Gondangdia 01 Pagi State Elementary School, Central Jakarta. The subjects of this study were fourth grade students in semester 1 of the 2023/2024 academic year. This research was conducted using the Kemmis & Mc. Taggart cycle model. This research was carried out in 3 cycles through the stages of planning, implementing actions, observing, and reflecting most of the re-planning in the next cycle. The results of the research obtained were an increase in critical thinking skills in the content of Pancasila Education by applying a cooperative model of teams games tournament type, namely in cycle I 34.6% to 53.8% in cycle II. Then it increased again in cycle III to 84.6%. In conclusion, the application of the Teams Games Tournament model in teaching Pendidikan Pancasila proved to enhance critical thinking skills students of the fourth-grade students at SDN Gondangdia 01 Pagi in Central Jakarta. Therefore, teachers can consider utilizing Teams Games Tournament (PBL) model as an alternative to improve students critical thinking skills students outcomes in Pendidikan Pancasila.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Yurniwati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21301 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2024 01:43
Last Modified: 19 Feb 2024 01:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44851

Actions (login required)

View Item View Item