PENGUATAN KARAKTER BERKEBHINEKAAN GLOBAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Studi Kualitatif di SDN Tanah Tinggi 03 Jakarta Pusat)

SYAHRUL SABANIL, . (2024) PENGUATAN KARAKTER BERKEBHINEKAAN GLOBAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Studi Kualitatif di SDN Tanah Tinggi 03 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (552kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan strategi dan faktor pendukung serta penghambat di dalam penguatan karakter berkebhinekaan global dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tanah Tinggi 03 dan subjek penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru bidang kurikulum, guru, dan siswa kelas IV. Proses pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu pengumpulan data, perekdusian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga strategi untuk menguatkan karakter berkebhinekaan global yaitu strategi mengorganisasikan pembelajaran yaitu keberagaman nilai-nilai karakter berkebhinekaan global diintegrasikan ke dalam rencana pembelajaran Pendidikan Pancasila, strategi menyampaikan pembelajaran yaitu pemanfaatan media, metode, model, dan struktur pembelajaran siswa yang mendorong aktivitas, komunikasi, dan kolaborasi dan strategi mengelola pembelajaran seperti mencatat kemajuan siswa, penjadwalan strategi pembelajaran, mengelola motivasi siswa, dan melakukan pengontrolan di dalam kelas. Adapun faktor pendukung dari sisi internal dan eksternal yaitu kemauan dan kesadaran, naluri, dan kebiasaan siswa, pendidikan yang layak, lingkungan siswa yang mendukung, kemampuan guru mengkomunikasikan dan mendesain pembelajaran, dan dukungan serta pengawasan dari orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya dukungan dan pengawasan orang tua, fasilitas sekolah tidak memadai, kurangnya kemampuan guru untuk mengkomunikasikan dan mendesain pembelajaran, serta penolakan dari teman sebaya. ********* This research aims to describe strategies and supporting and inhibiting factors in strenghthening global diversity characters in Pancasila education learning for fourth grade elementary school students. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. This research at SDN Tanah Tinggi 03 and the research subjects involved the school principal, curriculum teachers, teachers and class IV students. The data collection uses interviews, observation and documentation. The data analysis technique uses an interactive model is data collection, data reduction, data display, and conclusion. The results of the research is have three strategies for instilling a character of global diversity is strategy of organizing learning is the diversity of values of the character of global diversity inspired into the Pancasila Education learning plan, the strategy for delivering learning is use of media, methods, models and student learning structures that encourage activities, communication, collaboration and management strategies such as recording student progress, scheduling learning strategies, managing student motivation, and exercising control in the classroom. The supporting factors in terms of internal and external will are student awareness, averages and habits, proper education, a supportive student environment, the teacher's ability to communicate and design learning, and support and supervision from parents. Meanwhile, the inhibiting factors are lack of parental support and supervision, inadequate school facilities, lack of teacher ability to communicate and design learning, and rejection from peers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Linda Zakiah, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Yurniwati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21473 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:17
Last Modified: 16 Feb 2024 01:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44866

Actions (login required)

View Item View Item