PERILAKU KONSUMTIF PADA 5 KONSUMEN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE SEBAGAI STUDI GAYA HIDUP

FEBRINA HERMALIA PUTRI, . (2024) PERILAKU KONSUMTIF PADA 5 KONSUMEN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE SEBAGAI STUDI GAYA HIDUP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama, pertama, untuk mendeskripsikan perilaku konsumtif dalam mengikuti tren sebagai gaya hidup. Kedua, untuk mendeskripsikan faktor yang mendorong perilaku konsumtif masyarakat tersebut. Ketiga, untuk mendeskripsikan analisis Teori Hiperrealitas terhadap fenomena konsemerisme pengguna Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Penelitian ini berlokasi di Jakarta Timur dan dilakukan sejak bulan Maret-November 2023. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan studi literatur. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 orang informan yang merupakan pengguna aplikasi Shopee dan berperilaku konsumtif. Kemudian dilengkapi oleh 5 triangulasi data yaitu 4 orang yang merupakan teman dan salah satu keluarga dari informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa 5 informan pengguna Shopee mengalami Hiperrealitas dalam menggunakan Shopee sebagai aplikasi belanja online bahwa konsumen pengguna Shopee membeli suatu barang dikarenakan ingin tampil trendi, up to date dan ingin telihat menggunakan barang-barang yang baru. Kemuadian, adanya pergeseran tujuan yang tadinya membeli suatu barang dikarenakan kebutuhan tetapi berubah menjadi pemenuhan keinginan dan pembetukan identitas diri. Namun dalam pembelian online shop berperilaku konsumtif mereka juga memiliki strategi dalam berbelanja untuk mengurangi resiko yang didapatkan. Kata Kunci : Online Shop, Trendi, Perawatan wajah, Fesyen, Konsumtif, Simulasi, Simulakra, Hiperrealitas. ***** The research as three main objectives, first, to describe consumer behavior in following trends as a lifestyle among Shopee users in East Jakarta. Second, to describe the factors that encourage people's consumptive behavior in following trends as a lifestyle for Shopee users in East Jakarta. Third, to describe the Hyperreality Theory analysis of the consumer phenomenon of following trends as a lifestyle for Shopee users in East Jakarta. This research uses a qualitative approach, with a case study method. This research is located in East Jakarta and will be conducted from March-November 2023. Data on this study were obtained through observation, in-depth interviews, documentation and literature studies. The subjects of this study consisted of 5 informants who were users of the Shopee application and behaved consumptively. Then it was completed by 5 data triangulations namely 4 people who were friends and one of the family of the informant. The results of this research show that 5 Shopee user informants experienced hyper-reality in using Shopee as an online shopping application, that consumers using Shopee bought items because they wanted to appear trendy, up to date and wanted to be seen using new items. Then, there is a shift in goals from buying an item out of necessity but changing to fulfilling desires and establishing one's identity. However, when purchasing online shops, they behave in a consumerist manner, they also have strategies in shopping to reduce the risks they encounter. Keywords: Online Shop, Trendy, Skincare, Fashion, Consumptive, Simulation, Simulacra, Hyperreality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prima Yustitia Nurul Islami, M.Si ; 2). Mayang Putri Seruni, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 22089 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:51
Last Modified: 16 Feb 2024 01:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44872

Actions (login required)

View Item View Item