IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI KELAS I SDN LEBAK BULUS 01

NURIA EKA BUDIARTI, . (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI KELAS I SDN LEBAK BULUS 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sebagaimana diimplementasian kurikulum merdeka, aktivitas P5 merupakan salah satu cara dalam memulihkan keadaan pembelajaran pasca daring yang menurunkan kualitas peserta didik. Aktivitas pembelajaran P5 di sekolah dasar, perlu diperjelas pelaksanaannya dari awal sampai akhir untuk mengetahui bentuk kendala dan dampak yang dihasilkan. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus untuk mendeskripsikan aktivitas pembelajaran P5 di kelas I SDN Lebak Bulus 01 sebagai salah satu bentuk implementasi kurikulum merdeka yang mengarah pada pelaksanaan, keterlibatan orang tua, asesmen, kendala, dan dampaknya. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif. Sumber data berasal dari kepala sekolah, guru kelas I, dan orang tua peserta didik. Dengan bahan kajian dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, hasil pengumpulan data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Penelitian ini menghasilkan bahwa pada aktivitas pembelajaran P5 tidak semerta-merta sesuai dengan alur yang telah direncanakan, dari asesmen maupun kendalanya. Namun, hal itu bisa diatasi dari bagaimana sekolah bisa mengolaborasikan pelaksanaan dengan keterlibatan orang tua, sehingga menghasilkan dampak yang mempengaruhi sekolah dan peserta didik kelas I. ******* As implemented in the merdeka curriculum, P5 activities are one of the ways to restore post-online learning conditions that reduce the quality of students. P5 learning activities in elementary schools need to be clarified from the beginning to the end to find out the form of obstacles and the resulting impact. Therefore, this research focuses on describing P5 learning activities in class I of SDN Lebak Bulus 01 as a form of merdeka curriculum implementation that leads to implementation, parental involvement, assessment, constraints, and impacts. The research was conducted using a qualitative approach through a descriptive method. Data sources came from the principal, grade I teachers, and parents of students. The study materials were collected through interview, observation, and documentation techniques. Then, the results of data collection were analyzed using the Miles and Huberman model. This study found that the P5 learning activities were not necessarily in accordance with the planned flow, from the assessment or the obstacles. However, it can be overcome by how the school can collaborate the implementation with parental involvement, resulting in an impact that affects the school and grade I students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Ir. Arita Marini, M.Pd. ; 2). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21019 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2024 05:16
Last Modified: 19 Feb 2024 05:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44958

Actions (login required)

View Item View Item