PENGGUNAAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

ANNISHA SIFA NUR AZIZAH, . (2024) PENGGUNAAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover_Repository_Skripsi_Annisha Sifa Nur Azizah_1105619040.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB1_Repository_Skripsi_Annisha Sifa Nur Azizah_1105619040.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB2_Repository_Skripsi_Annisha Sifa Nur Azizah_1105619040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
BAB3_Repository_Skripsi_Annisha Sifa Nur Azizah_1105619040-46-53.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
Repository_Skripsi_Annisha Sifa Nur Azizah_1105619040-56-119.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text
BAB5_Repository_Skripsi_Annisha Sifa Nur Azizah_1105619040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka_Repository_Skripsi_Annisha Sifa Nur Azizah_1105619040.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Lampiran_Repository_Skripsi_Annisha Sifa Nur Azizah_1105619040_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Buku cerita bergambar termasuk salah satu media belajar visual yang dinilai tepat dan banyak digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran anak usia dini. Gambar yang ada pada buku dapat membantu anak memahami isi buku dengan mudah dan guru memainkan peran penting dalam membantu dan mendukung anak dalam mencapai tujuan tersebut. Tetapi dalam penggunaan buku cerita bergambar dan upaya guru dalam proses pembelajaran masih terlihat belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan buku cerita bergambar di dalam proses pembelajaran anak usia 5 – 6 tahun di kelas B2 TK Labschool Rawamangun, Jakarta Timur. Dengan metode studi kualitatif yang melibatkan 7 guru. Prosedur pengmpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles and Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian penggunaan buku cerita bergambar dalam proses pembelajaran anak usia 5 – 6 tahun di kelas B2 TK Labschool Rawamangun, Jakarta Timur menunjukkan: (1) Guru menggunakan buku cerita bergambar sebagai sumber belajar penguatan tema dan kegiatan berkelanjutan, media efektif kegiatan bercerita dengan teknik bercerita storytelling, dan kegiatan ekplorasi mandiri anak, dengan jenis buku tema dan buku karakter yang sesuai dengan kriteria, (2) Interaksi anak dengan buku cerita bergambar menunjukkan anak fokus mendengarkan cerita, antuasias, mengintrupsi dan menjawab pertanyaan guru, melakukan kegiatan berkelanjutan yang ada di kelas sentra. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih luas untuk guru mengembangkan strategi pembelajaran anak usia dini melalui penggunaan buku cerita bergambar. Kata kunci; Media belajar buku, Buku cerita bergambar, Kegiatan bercerita, Proses Pembelajaran PAUD ********** Picture story books are one of the visual learning media considered appropriate and widely used by teachers in the early childhood learning process. The pictures in the book can help children understand the contents easily and teachers have an important role in helping and supporting children in achieving this goal. However, the use of picture story books and the teacher's efforts in the learning process are still not optimal. This research aimed to describe how picture story books are used in the learning process of children aged 5 - 6 years in class B2 TK Labschool Rawamangun, East Jakarta. With a qualitative study method involving 7 teachers. Data collection procedures carried through observation, interviews and documentation. Data analysis uses the Miles and Huberman technique, that are data reduction, data presentation, and data verification. The results of research on the use of picture story books in the learning process of children aged 5 - 6 years in class B2 TK Labschool Rawamangun, East Jakarta are: (1) Teachers use picture story books as a learning resource to strengthen themes and continuous activities, effective media for storytelling activities using storytelling techniques, and children's independent exploration activities, with types of theme books and character books that match the criteria, (2) Interaction between children and Picture story books show children focus on listening to stories, enthusiasm, interrupting and answering teacher questions, carried out ongoing activities in central classes. Through this research, hoped that it can provide an understanding for teachers to develop early childhood learning strategies through the use of picture story books.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi. ; 2). Ade Dwi Utami, M.Pd.,Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 21382 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2024 23:47
Last Modified: 21 Feb 2024 23:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44968

Actions (login required)

View Item View Item