DRAMATURGI PENGGEMAR BOYS LOVE (BL) DI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS: 7 PENGGEMAR TOGETHER THE SERIES DI PLATFORM X)

PRISCILA DIAN SANTOSO, . (2024) DRAMATURGI PENGGEMAR BOYS LOVE (BL) DI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS: 7 PENGGEMAR TOGETHER THE SERIES DI PLATFORM X). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (820kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena dramaturgi yang dilakukan oleh penggemar boys love di media sosial. Penelitian ini menunjukan ragam aktivitas yang dilakukan oleh penggemar boys love di media sosial sebagai panggung depan, melalui unggahan-unggahan yang dilakukan. Penelitian ini juga menjelaskan panggung belakang para penggemar sebagai tempat bersantai dan mempersiapkan diri untuk penampilan di panggung depan. Perbedaan aktivitas yang dilakukan dianalisis menggunakan teori Dramaturgi Erving Goffman.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang diperoleh pada penelitian ini telah melalui hasil observasi, wawancara mendalam, dokumentasi media sosial sebagai data primer dan studi kepustakaan sebagai data sekunder. Penelitian ini dilakukan pada platform media sosial X sejak Desember 2022 sampai Oktober 2023 melalui akun fanbase penggemar Bright Win. Subjek penelitian terdiri dari tujuh orang penggemar aktif together the series. Hasil penelitian ini, memperlihatkan proses dramaturgi yang dilakukan oleh ketujuh penggemar dalam mempresentasikan dirinya sebagai anggota fandom BWS. Pada panggung depan terdapat kategorisasi berupa setting, front personal dan juga impression management. Setting merupakan situasi dan tampilan aktor dalam memainkan perannya di media sosial X sebagai anggota fandom BWS. Front Personal sebagai bentuk penampilan yang melibatkan jenis unggahan penggemar seperti, interpretasi hipotesis, fan fiction, fan art, fan video, meme, serta ekspresi pendapat dan perasaan. Impression Management merupakan usaha aktor untuk mengelola kesan audiens, sesuai dengan citra diri yang ingin dibentuknya. Karakteristik yang terjadi di panggung depan, tidak terlepas dari adanya motif. Motif dalam melakukan dramaturgi panggung depan tersebut berkaitan dengan eksistensi diri penggemar agar diakui oleh audiens, serta motif untuk membentuk citra diri sebagai penggemar di media sosial X. Selain aktivitas dan motif pada panggung depan, penelitian ini mendeskripsikan panggung belakang individu yang dijadikan sebagai tempat mempersiapkan dirinya di panggung depan dan sebagai tempat individu bersantai. ***** This study aims to describe the phenomenon of dramaturgy performed by fans of boys love on social media. This study shows the variety of activities carried out by fans of boys love on social media as the front stage, through uploads made. The study also describes the backstage of the fans as a place to relax and prepare for performances on the front stage. The differences in the activities carried out were analyzed using the dramaturgical theory of Erving Goffman. This research uses qualitative approach with Case Study Method. The Data obtained in this study has been through observation, in-depth interviews, social media documentation as primary data and literature studies as secondary data. This research was conducted on the X social media platform from December 2022 to October 2023 through the Bright Win fan fanbase account. The study subjects consisted of seven active fans of together the series. The results of this study show the dramaturgy process carried out by the seven fans in presenting themselves as members of the BWS fandom. At the front stage there are categorizations in the form of setting, front personal and also impression management. The Setting is the situation and appearance of the actor in playing his role on social media X as a member of the BWS fandom. Personal Front as a form of performance that involves types of fan uploads such as, interpretation of hypotheses, fan fiction, fan art, fan videos, memes, and expressions of opinions and feelings. Impression Management is an actor's effort to manage the impression of the audience, in accordance with the self-image he wants to form. Characteristics that occur on the front stage, can not be separated from the motive. The motive in performing the front stage dramaturgy is related to the existence of fans to be recognized by the audience, as well as the motive to form a self-image as a fan on social media X. In addition to the activities and motives on the front stage, this study describes the back stage of individuals who serve as a place to prepare themselves on the front stage and as a place for individuals to relax.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Syaifudin, S.Pd., M.Kesos. ; 2). Achmad Siswanto, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Seni Pertunjukan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 22128 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:55
Last Modified: 21 Feb 2024 01:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44996

Actions (login required)

View Item View Item