ANALISIS RETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN KOLOID (MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNITIF)

DWI NOFIYANTI NURIA FIRDAUS, . (2024) ANALISIS RETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN KOLOID (MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNITIF). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis retensi siswa pada materi koloid dengan menggunakan penerapan strategi metakognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 48 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 36 siswa. Data penelitian dikumpulkan dari lembar observasi, reflektif jurnal, lembar kerja siswa, tes (yang berupa tes akhir dan re-tes), serta wawancara. Pada penelitian ini, untuk menganalisis kategori retensi siswa menggunakan kriteria yang diadaptasi dari Setiawan, dkk (2012) yaitu retensi belajar tinggi, sedang dan rendah. Pembelajaran dilakukan secara tatap muka menggunakan strategi metakognitif. Strategi metakognitif terdiri dari 3 fase yaitu, siswa merencanakan dan memprediksi jawaban dari permasalahan yang diberikan, siswa memeriksa dan mengontrol jawaban yang telah ditulis, serta siswa menjelaskan, mengevaluasi dan merefleksikan hasil dari pembelajarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada sub materi koloid, sebagian besar siswa berada pada kriteria “retensi tinggi” dengan rata�rata persentase sebesar 82%. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu strategi metakognitif dapat membantu siswa dalam meningkatkan retensi pada materi koloid. Kata Kunci : Retensi siswa, Strategi Metakognitif, Koloid ********** This study aims to analyze student retention in colloid material by using the application of metacognitive strategies. The research method used was qualitative method. The research was conducted at SMA Negeri 48 Jakarta in the even semester of the 2022/2023 academic year. The research subjects were XI MIPA 4 class students totaling 36 students. The research data were collected from observation sheets, reflective journals, student worksheets, tests (in the form of final tests and re-tests), and interviews. In this study, to analyze the category of student retention using criteria adapted from Setiawan, et al (2012), namely high, medium and low learning retention. Learning was conducted face-to-face using metacognitive strategies. The metacognitive strategy consists of 3 phases, namely, students plan and predict the answers to the problems given, students check and control the answers that have been written, and students explain, evaluate and reflect on the results of their learning. The results of this study indicate that in the colloid sub-material, most students are in the "high retention" criteria with an average percentage of 82%. The conclusion that can be drawn from this research is that metacognitive strategies can help students improve retention in colloidal material. Keywords: Student Retention, Metacognitive Strategy, Colloids

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Tritiyatma Hadinugrahaningsih, M.Si. ; 2). Prof.Dr. Setia Budi, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 22123 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2024 05:54
Last Modified: 23 Feb 2024 05:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45046

Actions (login required)

View Item View Item