MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN MELUKIS MENGGUNAKAN MEDIA SALT PAINTING PADA SISWA HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS III SD DI SLB NEGERI 7 JAKARTA

CLARISSA ANINTA META AYU, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN MELUKIS MENGGUNAKAN MEDIA SALT PAINTING PADA SISWA HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS III SD DI SLB NEGERI 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna dasar melalui media salt painting atau melukis dengan garam pada siswa hambatan intelektual siswa kelas III SD di SLB Negeri 7 Jakarta. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan empat tahap pada masing-masing siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada kemampuan mengenal warna dasar siswa, dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa. Pada siklus I menghasilkan nilai rata-rata sebesar 50.6 sehingga dilakukan tindakan selanjutnya. Pada siklus II terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan mengenal warna dasar siswa dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata 71.6. Dengan hasil yang didapatkan pada penelitian ini dapat dikatakan bahwa kemampuan mengenal warna dasar siswa hambatan intelektual kelas III SD di SLB Negeri 7 Jakarta meningkat. ***** This study aimed to improve the ability to recognize primary colors through salt painting or painting with salt for third grade students with intellectual disability at SLB Negeri 7 Jakarta. This classroom action research was conducted in two cycles with four stages in each cycle: planning, action, observation and reflection. The result show an increase in student’s ability to recognize primary colors, as evidenced by in analysis using average score. In the first cycle, the score obtained was 50.6. Therefore, further action was undertaken. In the second cycle, there was a significant difference in student’s ability to recognize primary colors, as evidenced by the average score 71.6. Given these result, it can be concluded that the ability of third grade students with intellectual disability at SLB Negeri 7 Jakarta to recognize primary colors increases.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd. ; 2). Dr. Indra Jaya, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21344 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2024 00:50
Last Modified: 26 Feb 2024 00:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45049

Actions (login required)

View Item View Item