MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN AUTISME MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING

MARINDA PRADIKA PERTIWI, . (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN AUTISME MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan motorik halus dalam kagiatan membuka dan menutup botol minum pada anak dengan autisme usia 8 tahun di Sekolah Khusus Mutiara Hatiku setelah melakukan kegiatan finger painting pada kertas berpola balon menggunakan cat akrilik. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dengan autisme berinisial LS. Penelitian ini menggunakan Single Subject Research dengan desain A-B-A. A1 merupakan tahap awal penelitian dalam melakukan tes kinerja dan observasi kemampuan awal keterampilan motorik halus dalam kegiatan membuka dan menutup botol minum, lalu dilanjutkan pemberian tindakan kegiatan finger painting pada kertas gambar berpola balon menggunakan cat akrilik pada tahap intervensi B, terakhir A2 pengulangan kegiatan membuka dan menutup botol minum. Pengumpulan data dilakukan dengan prosedur pencatatan observasi langsung dan dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan finger painting pada kertas gambar berpola balon menggunakan cat akrilik mampu meningkatkan keterampilan motorik halus anak dengan autisme dalam kegiatan membuka dan menutup botol minum. Hal ini dapat dilihat dari skor level stabilitas dan rentang yang menunjukkan peningkatan yang didapatkan anak berinisial LS sebelum diberikan intervensi yaitu 1,85-2,15 pada perilaku 1 kekuatan otot jari tangan menjadi 2,775-3,225 setelah diberikan intervensi. Pada perilaku 2 kekuatan otot jari tangan mendapat skor level stabilitas dan rentang 0,925-1,35 dan meningkat menjadi 1,85-2,15 setelah diberikan intervensi. Terakhir peningkatan terjadi pada perilaku 1 koordinasi mata dan tangan yang mendapat skor level stabilitas dan rentang 0,925-1,15 menjadi 1,85-2,15 setelah diberikan intervensi. Dengan demikian, kegiatan finger painting pada kertas gambar berpola balon menggunakan cat akrilik dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak dengan autism. Kata Kunci: Single Subject Research, Finger painting, Keterampilan Motorik Halus, Anak dengan Autisme. ***** This research aims to improve fine motor skills in the activity of opening and closing drinking bottles in children with autism aged 8 years at the Mutiara Hatiku Special School after carrying out finger painting activities on balloon patterned paper using acrylic paint. The subjects in this research were children with autism with the initials LS. This research uses Single Subject Research with an A-B-A design. A1 is the initial stage of research in carrying out performance tests and observing initial fine motor skills in the activity of opening and closing drinking bottles, then continued by providing finger painting activities on balloon-patterned drawing paper using acrylic paint in intervention stage B, finally A2 is a repetition of opening and closing activities. close the drinking bottle. Data collection was carried out using direct observation recording procedures and analyzed using under-condition analysis. The results of this research show that finger painting activities on balloon-patterned drawing paper using acrylic paint can improve the fine motor skills of children with autism in the activity of opening and closing drinking bottles. This can be seen from the stability and range level scores which show the increase obtained by the child with the initials LS before being given the intervention, namely 1.85-2.15 in behavior 1, finger muscle strength to 2.775-3.225 after being given the intervention. In behavior 2, finger muscle strength scored a stability level and range of 0.925-1.35 and increased to 1.85-2.15 after intervention was given. Finally, an increase occurred in behavior 1, eye and hand coordination, which received a stability level score ranging from 0.925-1.15 to 1.85-2.15 after being given the intervention. Thus, finger painting activities on balloon-patterned drawing paper using acrylic paint can improve the fine motor skills of children with autism. Keywords: Single Subject Research, Finger painting, Fine Motor Skills, Children with Autism.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Siti Nuraini P, M.Sp.Ed ; 2.) Dr. Hartini Nara, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 21372 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2024 00:36
Last Modified: 01 Mar 2024 00:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45059

Actions (login required)

View Item View Item