ISMI AZIZAH, . (2024) KEMAMPUAN GURU DALAM PENATAAN LINGKUNGAN FISIK KELAS YANG MENYENANGKAN UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN (PENELITIAN EXPLANATORY MIX METHODS DI KECAMATAN JATINEGARA, JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (728kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (969kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (983kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (612kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penataan lingkungan fisik kelas merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Terdapat penemuan yang menyatakan bahwa penataan lingkungan di lembaga PAUD belum dilakukan secara optimal seperti hanya 16% guru PAUD yang sudah mengikuti pelatihan pengelolaan kelas, hasil pengamatan penelitian menunjukkan terdapat lembaga PAUD non formal belum melakukan penataan lingkungan yang sesuai dengan prinsip. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara utuh dan mendalam mengenai kemampuan guru dalam penataan lingkungan fisik kelas yang menyenangkan untuk anak usia 4-6 tahun di lembaga PAUD Non formal. Penelitian ini menggunakan jenis explanatory mix methods yang dilakukan melalui dua tahap, pertama melakukan penelitian kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang diberikan kepada 50 responden guru PAUD non formal yang memiliki karakteristik memiliki kualifikasi SMA/S1 bukan dalam bidang PAUD serta peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan pada 3 lembaga PAUD non formal yang memiliki akreditasi B, C dan belum akreditasi di kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menata lingkungan fisik kelas yang menyenangkan berada pada kategori “cukup baik” dengan persentase sebesar 48,0% dalam artian dalam melakukan penataan lingkungan guru PAUD sudah memperhatikan prinsip penataan lingkungan, namun masih terdapat beberapa indikator yang belum diperhatikan oleh guru seperti dalam mengatur atap dan langit-langit kelas, kebisingan suara, penggunaan loker, serta pemisah ruang. Hal ini terjadi karena kendala terbatasnya sarana prasarana yang dimiliki oleh lembaga PAUD tersebut. ***** A teacher is someone who has an important role in improving the quality of education. Quality education can be seen from the teachers who teach and manage it. A teacher's ability to manage a class is not limited to just knowing how to organize students, but also knowing how to organize the learning environment. The aim of this research is to obtain a complete and in-depth picture of teachers' abilities in arranging a pleasant physical classroom environment for children aged 4-6 years in non-formal PAUD institutions. This research uses explanatory mix methods which is carried out in two stages, first conducting quantitative research then continuing with qualitative research. Quantitative data was collected through questionnaires distributed to the sample in this study of 50 classroom teachers who taught at non-formal PAUD institutions in Jatinegara district, while qualitative data was obtained through interviews, observation and documentation at 3 nonformal PAUD institutions that have different accreditations. The results of the research show that the teacher's ability to organize a pleasant classroom physical environment is in the "fairly good" category with a percentage of 48.0%. These results are strengthened by researchers going out in the field who state that organizing the classroom physical environment already has an understanding and ability to organize room temperature, floor, light, walls, choosing children's tables and chairs, choosing learning media, considering the child's size as a standard, placing furniture, and classifying learning media, but there are several indicators that are not achieved by teachers, such as in arranging the roof and ceiling. classes, sound, use of lockers, room dividers, and access in classrooms due to the limited infrastructure that PAUD institutions have.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Dr. Sri Wulan, M.Si. ; 2.) Ade Dwi Utami, M.Pd., Ph.D. |
Subjects: | Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 21363 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 00:10 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 00:10 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45108 |
Actions (login required)
View Item |