PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PADA MATA KULIAH KAIWA II : PENELITIAN EKSPERIMEN TERHADAP MAHASISWA SEMESTER II TAHUN AKADEMIK 2022/2023 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

VANIYA SAFITRI IRAWAN, . (2024) PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PADA MATA KULIAH KAIWA II : PENELITIAN EKSPERIMEN TERHADAP MAHASISWA SEMESTER II TAHUN AKADEMIK 2022/2023 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

*********ABSTRAK********** Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model Think Pair Share dalam meningkatkan keterampilan berbicara dalam mata kuliah kaiwa dan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penggunaan model ini. Pada Maret 2020, WHO mengumumkan status pandemi global akibat COVID-19. Respons pemerintah terhadap status pandemik global adalah tindakan pembatasan sosial dan pembelajaran jarak jauh sebagai cara untuk mengurangi angka penyebaran virus. Dalam konteks pembelajaran daring, aplikasi seperti Google Classroom dan Zoom banyak digunakan termasuk dalam pembelajaran Kaiwa di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Namun, penggunaan aplikasi daring tersebut membuat interaksi baik peserta didik dengan guru maupun antar peserta didik menjadi tantangan. Solusi untuk mengatasi hal ini, penulis merekomendasikan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan interaksi dan keterampilan berbicara siswa dalam mata kuliah Kaiwa II di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta. Model ini telah terbukti efektif meningkatkan keterampilan berbicara bahasa asing dalam penelitian sebelumnya dalam pembelajaran luring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-experimental design dengan desain one-group pretest posttest. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan melihat nilai rata-rata ujian akhir pada semester I. Instrumen pada penelitian ini adalah tes dan angket. Tes bertujuan untuk mengetahui keterampilan peserta didik sebelum dan sesudah pemberian treatment. Angket dibagikan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penggunaan model Think Pair Share. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa terdapat peningkatan sebesar 25 poin dari nilai rata-rata pretest sebesar 48 dan nilai rata-rata posttest sebesar 73. Selain itu diketahui ttabel dengan signifikansi 5% sebesar 2,02 dan thitung sebesar 5,11. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunan model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik dalam mata kuliah Kaiwa. Adapun tanggapan dari peserta didik terhadap penggunaan model Think Pair Share selama pembelajaran Kaiwa II adalah peserta didik merasa senang, lebih percaya diri, dapat memahami materi dengan lebih baik, serta memudahkan mereka untuk berinteraksi dengan peserta didik lainnya. ****ABSTRACT******* The purpose of this study was to determine the use of the Think Pair Share model in improving speaking skills in kaiwa courses and to determine students' responses to the use of this model. In March 2020, WHO announced the global pandemic status due to COVID-19. The government's response to the global pandemic status is social distancing measures and distance learning as counter measures of corona virus. In the context of online learning, applications such as Google Classroom and Zoom are widely used including in learning Kaiwa in the Japanese Language Education Study Program. However, the use of these online applications makes the interaction of both learners and teachers and between learners a challenge. To overcome this, the author recommends the use of Think Pair Share learning model to improve students' interaction and speaking skills in Kaiwa II course at Japanese Language Education Study Program of Universitas Negeri Jakarta. This model has been proven effective in improving foreign language speaking skills in previous studies in offline learning. This study used pre-experimental research method with one-group pretest posttest design. The sample of this study was taken using purposive sampling technique by looking at the average score of the final exam in the first semester. The instruments in this study were tests and questionnaires. The test aims to determine the skills of students before and after treatment. Questionnaires were distributed to find out students' responses to the use of the Think Pair Share model. Based on the results of data analysis, it is known that there is an increase of 25 points from the pretest average value of 48 and the posttest average value of 73. In addition, it is known that the t table with a significance of 5% is 2.02 and the tcount is 5.11. Thus, it can be concluded that the use of the Think Pair Share model can improve students' speaking skills in Kaiwa courses. The responses from students to the use of Think Pair Share model during Kaiwa II learning are students feel happy, more confident, can understand the material better, and make it easier for them to interact with other students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Nia Setiawati, M.Pd. 2) Eva Jeniar Noverisa, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 21667 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2024 01:52
Last Modified: 28 Feb 2024 01:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45113

Actions (login required)

View Item View Item