MENDONGENG MENGGUNAKAN MEDIA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Fenomenologi di TK IT Insan Mandiri Cendikia Palembang)

ISYTANIA, . (2024) MENDONGENG MENGGUNAKAN MEDIA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Fenomenologi di TK IT Insan Mandiri Cendikia Palembang). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (762kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mendalam tentang kegiatan mendongeng menggunakan media pada anak usia 5-6 tahun, sebuah studi fenemologi di TK IT Insan Mandiri Cendikia Palembang. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengujian keabsahan data dilakukan dengan kriteria tingkat kredibilitas, kebergantungan dan kepastian. Sedangkan proses analisa data meliputi: mengatur, mengurutkan, mengelompokkan, memberi kode dan mengkategorikan data yang diperoleh dari sumber seperti catatan lapangan, tanggapan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Proses kegiatan mendongeng di TK IT Insan Mandiri Cendikia Palembang merupakan sebuah pembelajaran yang penting untuk belajar melalui kegiatan mendongeng menggunakan media buku, video, boneka tangan dan bermain peran; 2) Hasil penelitian menggunakan media boneka tangan menunjukkan bahwa boneka tangan dapat membantu mereka dalam menjelaskan konsep yang sulit dan abstrak dengan cara yang lebih konkret dan mudah dipahami oleh siswa, hasil penelitian menggunakan media video visual menunjukkan bahwa penggunaan video dapat membantu mereka dalam memperkenalkan konsep yang kompleks dengan cara yang lebih mudah dipahami oleh siswa, media buku dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan pemahaman siswa terhadap konsep yang diajarkan, media bermain peran menujukkan bahwa bermain peran dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan sosial, berkomunikasi dengan baik, dan belajar bekerja sama dalam kelompok; 3) Proses dalam upaya mengembangkan dalam berekspresi, bereksplorasi, dan imajinasi. This research aims to obtain in-depth information about storytelling activities using media in children aged 5-6 years, a phenomological study at the IT Insan Mandiri Cendikia Palembang Kindergarten. The research method used is a qualitative method with a phenomenological approach. Data validity testing techniques are carried out using the criteria for levels of credibility, dependability and certainty. Meanwhile, the data analysis process includes: arranging, sorting, grouping, coding and categorizing data obtained from sources such as field notes, responses and documentation. The results of this research found that: 1) The process of storytelling activities at the IT Insan Mandiri Cendikia Palembang Kindergarten is an important lesson for learning through storytelling activities using the media of books, videos, hand puppets and role playing; 2) The results of research using hand puppets show that hand puppets can help them explain difficult and abstract concepts in a way that is more concrete and easy for students to understand. The results of research using visual video media show that the use of videos can help them introduce concepts. complex in a way that is easier for students to understand, book media can help improve students' concentration and understanding of the concepts being taught, role playing media shows that role playing can help students to improve social skills, communicate well, and learn to work together in groups; 3) The process of developing expression, exploration and imagination.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1.) Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi 2.) Prof. Dr. R. Sri Martini Meilani, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Isytania .
Date Deposited: 04 Apr 2024 01:12
Last Modified: 04 Apr 2024 01:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45305

Actions (login required)

View Item View Item