PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PSYCIRCLE.ID TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KESEHATAN MENTAL TERKAIT ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA (Survei Pada Followers Instagram @Psycircle.Id)

JOISS BELLA KASIH, . (2024) PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PSYCIRCLE.ID TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KESEHATAN MENTAL TERKAIT ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA (Survei Pada Followers Instagram @Psycircle.Id). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Academic burnout merupakan situasi dimana individu merasa lelah karena kebutuhan dan tuntutan belajar, munculnya rasa sinis dan mencoba menjauhi kampus, dan merasa tidak kapabel atau kompeten sebagai mahasiswa. Hal ini yang dimanfaatkan oleh akun Instagram @psycircle.id, untuk menyebarkan informasi terkait kesehatan mental terkait academic burnout. Akun @psycircle.id merupakan akun yang memberikan informasi edukasi seputar kesehatan mental dan psikologi Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial Instagram @psycircle.id terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan mental terkait academic burnout pada mahasiswa yang merupakan followers akun Instagram @psycircle.id. Penelitian ini menggunakan teori media baru yang dikemukakan oleh McQuail. Teori media baru menyatakan kemampuannya dalam menghubungkan antarpenggunanya dan meningkatkan komunikasi secara dialogis. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu media sosial dan kebutuhan informasi. Media sosial memiliki empat dimensi yaitu self presentation, self disclosure, social presence dan media richness. Kebutuhan informasi memiliki empat dimensi yaitu Current Need Approach, Everyday Need Approach, Catching-up Need Approach dan Exhaustic Need Approach. Paradigma dalam penelitian ini yaitu paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode survey melalui google form yang disebarkan kepada 100 orang sampel melalui direct message instagram. Populasi dalam penelitian ini yaitu audiens yang menyukai unggahan academic burnout di Instagram sebanyak 133 akun. Peneliti menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling, dengan kriteria followers Instagram @psycircle.id dan memberikan likes pada unggahan academic burnout 5 Desember 2022. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu univariate dan bivariate dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh kuat antara media sosial Instagram @psycircle.id terhadap kebutuhan informasi terkait academic burnout pada mahasiswa followers Instagram @psycircle.id. Hal ini berdasarkan pada hasil penelitian yang menyatakan bahwa sebagian besar responden penelitian setuju bahwa media sosial @psycircle.id memberikan informasi yang cukup lengkap dan detail serta memberikan informasi dengan bahasa yang mudah dimengerti terkait academic burnout. Selain itu pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan mental terkait academic burnout pada followers @psycircle.id juga sudah berjalan dengan baik, karena responden mendapatkan informasi yang ringkas, relevan, dan detail. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa media sosial Instagram @psycircle.id telah terbukti mempengaruhi kebutuhan informasi terkait academic burnout pada mahasiswa pengikut akun Instagram @psycircle.id. Namun, terdapat saran bagi media sosial @psycircle.id untuk meningkatkan komunikasi dua arah pengikut seperti membalas komentar dan menjawab pertanyaan yang diajukan pengikut akun Instagram @psycircle.id. Kata Kunci : media sosial, kebutuhan informasi, academic burnout *********** Academic burnout is a situation where individuals feel tired because of the needs and demands of learning, they feel cynical and try to stay away from campus, and they feel they are not capable or competent as students. This is what the Instagram account @psycircle.id uses to disseminate information related to mental health related to academic burnout. The @psycircle.id account is an account that provides educational information about mental health and psychology. Therefore, this research aims to determine the influence of the social media Instagram @psycircle.id on fulfilling mental health information needs related to academic burnout among students who are followers of the Instagram account @psycircle.id. This research uses the new media theory proposed by McQuail. New media theory states its ability to connect users and improve dialogical communication. This research uses two variables, namely social media and information needs. Social media has four dimensions, namely self-presentation, self-disclosure, social presence and media richness. Information needs have four dimensions, namely Current Need Approach, Everyday Need Approach, Catching-up Need Approach and Exhaustic Need Approach. The paradigm in this research is the positivism paradigm with a quantitative approach. This research uses a survey method through google form which is spread to 100 sample people through direct message Instagram. The population in this research is the audience liked the upload academic burnout on Instagram as many as 133 accounts. Researchers used sampling techniques purposive sampling, with criteria followers Instagram @psycircle.id and provide likes on uploadacademic burnout December 5, 2022. Data analysis methods in this research, namely univariate and bivariate with simple linear regression analysis. The results of the research state that there is an influence between the social media Instagram @psycircle.id on the information needs related to academic burnout among students following Instagram @psycircle.id. This is based on research results which state that the majority of research respondents agree that this is supported by social media @psycircle.id providing fairly complete and detailed information and providing information in easy to understand language regarding academic burnout. Apart from that, fulfilling the mental health information needs related to academic burnout among @psycircle.id followers has also gone well, because respondents received concise, relevant and detailed information. The conclusion of this research states that the social media Instagram @psycircle.id has been proven to influence information needs related to academic burnout to students following the Instagram account @psycircle.id. However, there are suggestions for social media @psycircle.id to improve two-way communication with followers, such as replying to comments and answering questions asked by followers of the Instagram account @psycircle.id. Keywords: social media, information needs, academic burnout

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Elisabeth Nugrahaeni P., M.Si. ; 2). Dr. Kinkin Yuliaty Subarsa Putri, M.Si.
Subjects: Karya Umum > Jurnalisme, Media Berita, Penerbitan
Ilmu Kedokteran > Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 22273 not found.
Date Deposited: 29 May 2024 05:21
Last Modified: 29 May 2024 05:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45365

Actions (login required)

View Item View Item