EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-CHIKMATUL MUBALLIGOH SERANG – BANTEN

NIDA KHOFIYA, . (2024) EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-CHIKMATUL MUBALLIGOH SERANG – BANTEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1-PENDAHULUAN.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB 2-KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3-METODOLOGI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4-HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5-KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (494kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas metode sorogan dalam meningkatkan keterampilan membaca kitab kuning, serta menganalisis metode sorogan dalam meningkatkan keterampilan mekanik dan pemahaman makna di Pondok Pesantren Al-Chikmatul Muballigoh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah sumbernya berupa hasil pengamatan, hasil wawancara, dan keterangan-keterangan yang terdapat dalam berbagai kegiatan di Pondok Pesantren Al-Chikmatul Muballigoh yang terletak di Kp. Sindanghuela Kec. Pabuaran Kab. Serang – Banten. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas pembelajaran, metode sorogan, dan kemampuan membaca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode berjalan secara efektif. Dikatakan efektif karena para santri menunjukkan peningkatan yang baik dalam pemahaman, kecepatan, dan ketelitian membaca kitab kuning setelah menerapkan metode sorogan. Sebagaimana hasil wawancara yang dilakukan peneliti bahwa terdapat peningkatan dalam kenaikan kelas di tahun ini setelah menggunakan metode sorogan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dengan demikian, metode sorogan terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca kitab kuning karena menunjukkan kegiatan pembelajaran dilakukan secara terjadwal dan terstruktur dan santri juga mendapatkan kesempatan untuk bisa berdiskusi langsung dengan ustadz/ustadzahnya. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Sorogan, Keterampilan Membaca ****** This research aims to analyze and describe the effectiveness of the sorogan method in improving yellow book reading skills, as well as analyzing the sorogan method in improving mechanical skills and understanding meaning at the Al-Chikmatul Muballigoh Islamic Boarding School. The approach in this research is a qualitative approach with the method used is qualitative descriptive analysis. The data in this research are the sources in the form of observations, interviews, and information contained in various activities at the Al-Chikmatul Muballigoh Islamic Boarding School which is located at Kp. Sindanghuela District. Pabuaran District. Serang – Banten. The theories used in this research are the theory of learning effectiveness, the sorogan method, and reading ability. The results of this research indicate that learning uses the walking method effectively. It is said to be effective because the students showed a good increase in understanding, speed and accuracy in reading the yellow book after applying the sorogan method as the results of interviews conducted by researchers showed that there was an increase in grade promotion this year after using the sorogan method compared to the previous year. Thus, the slogan method has proven to be effective in improving yellow book reading skills because it shows that learning activities are carried out in a scheduled and structured manner, and students also get the opportunity to discuss directly with their ustadz/ustadzah. Keywords: Effectiveness, Sorogan Method, Reading Skills

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Andy Hadiyanto, MA. 2). Rudi Muhammad Barnansyah, M.Pd.I
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 22274 not found.
Date Deposited: 29 May 2024 01:59
Last Modified: 29 May 2024 01:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45370

Actions (login required)

View Item View Item