PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KONTROL DIRI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (STUDI PADA GENERASI MILLENNIAL PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI DKI JAKARTA)

NADIAH NURLI FADILAH, . (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KONTROL DIRI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (STUDI PADA GENERASI MILLENNIAL PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI DKI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB. I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan tingkat konsumsi di DKI Jakarta telah mengakibatkan perilaku konsumtif yang sulit terkontrol, terutama didorong oleh kemajuan teknologi yang memudahkan akses berbelanja secara online kapan saja dan di mana saja. Terlebih pada aplikasi shopee yang merupakan e-commerce paling di minati pada semua kalangan kelompok tak terkecuali kalangan millennial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh literasi keuangan, kontrol diri dan lingkungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif pada generasi millennial pengguna aplikasi shopee di DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data yang didapatkan diolah dengan menggunakan pengujian secara tes dan pengujian asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan hipotesis dengan alat analisis yang digunakan adalah SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, sedangkan kontrol diri, dan lingkungan teman sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif. Sedangkan hasil uji simultan menyatakan bahwa literasi keuangan, kontrol diri, dan lingkungan teman sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif secara simultan dengan koefisien determinasi (R2) diperoleh 0,271 atau 27,1%. Dapat diartikan bahwa literasi keuangan, kontrol diri, lingkungan teman sebaya memiliki pengaruh simultan sebesar 27,1% dan sisanya adalah faktor lain yang belum di teliti. Temuan hasil penelitian ini menggaris bawahi bahwa pentingnya literasi keuangan tidak membuat masyarakat millennial dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan dalam mengontrol kemampuan diri kalangan millennial sudah mampu menahan diri agar tidak menjadi masyarakat yang konsumtif, selain itu pengaruh dari lingkungan teman sebaya pun menjadi hal penting agar kalangan millennial dapat terhindar dari perilaku konsumtif. Kata Kunci : Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Lingkungan Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif, Generasi Millennial *********** The increase in consumption levels in DKI Jakarta has resulted in consumptive behaviour that is difficult to control, especially driven by technological advances that facilitate access to online shopping anytime and anywhere. Especially in the shopee application which is the most popular e-commerce in all groups, including millennials. The purpose of this study was to examine the effect of financial literacy, self-control and peer environment on consumptive behaviour in millennial shopee application users in DKI Jakarta. The method used in this research is quantitative method. The data source used in this research is primary data. The data obtained is processed using tests and classical assumption testing, multiple linear regression analysis and hypotheses with the analytical tool used is SPSS. The results showed that financial literacy has no significant effect on consumptive behaviour, while self-control, and peer environment have a significant positive effect on consumptive behaviour. While the simultaneous test results state that financial literacy, self-control, and peer environment have a significant positive effect on consumptive behaviour simultaneously with the coefficient of determination (R2) obtained 0.271 or 27.1%. It can be interpreted that financial literacy, self-control, and peer environment have a simultaneous influence of 27.1% and the rest are other factors that have not been studied. The findings of this study underline that the importance of financial literacy does not make millennials able to apply it in their daily lives. Meanwhile, in controlling the ability of self, millennials have been able to restrain themselves from becoming a consumptive society, besides that the influence of the peer environment is also important so that millennials can avoid consumptive behaviour. Keywords: Financial Literacy, Self-Control, Peer Environment, Consumptive Behaviour, Millennial Generation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Karuniana Dianta S, S.IP.,M.E. ; 2). Aditya Pratama, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Nadiah Nurli Fadilah .
Date Deposited: 07 Jun 2024 05:58
Last Modified: 07 Jun 2024 05:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45439

Actions (login required)

View Item View Item