PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

MUHAMMAD LUTHFI HADI SAPUTRA, . (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (887kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Jakarta selama enam bulan terhitung sejak bulan Agustus 2019 sampai Januari 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dengan analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Purposive Sample. Untuk pengolahan data, peneliti mengolah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Variabel Intensi Berwirausaha (EI), variabel Pendidikan Kewirausahaan (EE) dan variabel Efikasi Diri (SE) merupakan data primer yang berbentuk kuesioner penelitian. Sampel yang berhasil dijangkau dalam penelitian ini berjumlah 276 mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Dalam uji kofosien determinasi variable keseluruhan dapat diketahui bahwa nilai Rsquare adalah 0,471. Angka ini diubah ke bentuk persen, artinya presentase sumbangan pengaruh Pendidikan Kewirausahaan (EE) dan Efikasi Diri (SE) terhadap intensi berwirausaha (EI) adalah sebesar 47,1% atau variabel bebas Pendidikan Kewirausahaan (EE) dan Efikasi Diri (SE) mampu menjelaskan 47,1% variabel terikat intensi berwirausaha (EI), sedangkan sisanya sebesar 52,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar penelitian ini. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan keterikatan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Efikasi Diri. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha melalui efikasi diri. Kata Kunci : Intensi Berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri The purpose of this study is to study entrepreneurship education and self-efficacy of entrepreneurial interest in Jakarta State University students. This research was conducted at Jakarta State University for six months from August 2019 to January 2020. The method used in this study used a survey method. The data used in this study is quantitative data with data analysis using path analysis (path analysis). The population in this study were all students of Jakarta State University. Sampling in this study using the Purposive Sample method. For data processing, researchers processed the questionnaire using a Likert scale. Entrepreneurial Intention Variable (EI), Entrepreneurship Education variable (EE) and Self-Efficacy variable (SE) are the primary data that form the research questionnaire. The sample that was successfully achieved in this study was 276 students of Jakarta State University. In the cofosien test, the overall determinant variable can be known with the Rsquare value of 0.471. This figure was changed to percent, the percentage of the effect of Entrepreneurship Education (EE) and Self-Efficacy (SE) on entrepreneurship intentions (EI) was 47.1% or the independent variables Entrepreneurship Education (EE) and Self-Efficacy (SE) could help 47 , 1% of the variables were changed into entrepreneurship (EI), while the remaining 52.9% was needed by factors outside this study. The results obtained from this study are: (1) Obtained from positive and significant results in Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention. (2) Providing a positive and significant influence on Entrepreneurship Education on Self-Efficacy. (3) Has a positive influence and significant self-efficacy on entrepreneurial intentions. (4) There is a positive and significant influence on entrepreneurship education on entrepreneurship intentions through self-efficacy. Keywords: Entrepreneurial Intention, Entrepreneurship Education, Self-Efficacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Nurdin Hidayat, M.M.,M.Si 2) Terrylina Arvinta M, SE., MM
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 1230 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2020 10:48
Last Modified: 20 Mar 2020 10:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4549

Actions (login required)

View Item View Item