PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEPEDULIAN RASA INGIN TAHU SISWA TENTANG LINGKUNGAN TERHADAP PENGETAHUAN KONSEP-KONSEP EKOSISTEM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IV SD di Kota Bandung)

TOM MASKUN, . (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEPEDULIAN RASA INGIN TAHU SISWA TENTANG LINGKUNGAN TERHADAP PENGETAHUAN KONSEP-KONSEP EKOSISTEM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IV SD di Kota Bandung). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (584kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan kepedulian rasa ingin tahu tentang lingkungan terhadap pengetahuan konsep ekosistem siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah siswa sekolah dasar di Bandung berjumlah 60 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varians Dua Arah dilanjutkan dengan uji Tukey. Temuan penelitian ini meliputi: 1) Pengetahuan siswa tentang konsep ekosistem dengan pembelajaran ceramah lebih tinggi daripada Guided Discovery; 2) Siswa dengan tingkat kepedulian lingkungan yang tinggi memiliki pengetahuan konsep ekosistem lebih tinggi dengan pembelajaran ceramah. 3) Siswa yang memiliki kepedulian lingkungan yang rendah memiliki pengetahuan konsep ekosistem lebih tinggi dengan pembelajaran Guided Discovery. 4) Ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan kepedulian rasa ingin tahu tentang lingkungan terhadap pengetahuan konsep-konsep ekosistem. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran ceramah lebih tepat untuk siswa yang kepedulian lingkungan tinggi dan Guided Discovery tepat untuk siswa yang kepedulian lingkungan rendah. Strategi Pembelajaran, Kepedulian Rasa Ingin Tahu tentang Lingkungan, Pengetahuan Konsep Ekosistem

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. I Made Astra, M.Si. ; 2). Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Demografi, Penduduk, Ilmu Kependudukan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Lingkungan
Depositing User: Users 22394 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:10
Last Modified: 09 Jul 2024 04:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45551

Actions (login required)

View Item View Item