PROFIL KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KESULITAN BELAJAR KELAS IV MELALUI PROSES ASESMEN DI SDS PANTARA

REVASYA AUGUSTA, . (2024) PROFIL KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KESULITAN BELAJAR KELAS IV MELALUI PROSES ASESMEN DI SDS PANTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (867kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (353kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam tentang profil kemampuan membaca pemahaman peserta didik kesulitan belajar di kelas IV SDS Pantara melalui analisis hasil proses asesmen yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumenta yang dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman (reduksi, penyajian data, verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan ada 2 jenis asesmen yang dilakukan di SDS Pantara, yaitu asesmen diagnostik dan asesmen akademik yang terdiri dari asesmen formatif dan asesmen sumatif. Dimana hasil dari kedua asesmen tersebut saling berkaitan untuk menggambarkan profil kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Profil tersebut digambarkan melalui empat aspek membaca pemahaman, 1) Pemahaman literal, pada aspek ini sebagian besar peserta didik sudah mampu, 2) Pemahaman interpretatif peserta didik lebih mampu pada sub aspek sebab akibat dibandingkan sub aspek kalimat utama, 3) Pemahaman kritis, sebagian besar peserta didik masih kesulitan dalam menentukan amanat yang terdapat pada sebuah teks bacaan, 4) Pemahaman makna kata dalam konteks diantara antonim dan sinonim, lebih banyak peserta didik yang memahami makna kata dari antonim. Dari 12 peserta didik, dapat diketahui 33% diantaranya sudah cukup memahami 4 aspek membaca pemahaman, 44% peserta didik masih memerlukan penguatan dan bantuan dari guru pada pemahaman interpretatif, kritis, makna kata dalam konteks, dan 25% peserta didik lainnya belum mampu dalam membaca pemahaman. Hasil penelitian ini memberi gambaran mengenai proses asesmen dan profil kemampuan membaca pemahaman sehingga sekolah dapat mengevaluasi dan meningkatkan proses asesmen maupun pembelajaran sehingga dapat lebih maksimal. Kata Kunci: Proses Asesmen, Kemampuan Membaca Pemahaman, Peserta Didik Kesulitan Belajar This research aims to provide an in-depth description of the reading comprehension skills profile of fourth-grade students with learning disabilities at SDS Pantara through the analysis of assessment results. This study uses a qualitative research method, with data collected using observation, interviews, and document study techniques, analyzed using the Miles and Huberman model (data reduction, data display, verification). The results of this research indicate that there are two types of assessments conducted at SDS Pantara: diagnostic assessments and academic assessments, which consist of formative and summative assessments. The results of these assessments are interrelated to depict the profile of students' reading comprehension skills. This profile is illustrated through four aspects of reading comprehension: 1) Literal comprehension, where most students are already proficient, 2) Interpretative comprehension, where students are more proficient in the cause and effect sub-aspect compared to the main sentence sub-aspect, 3) Critical comprehension, where most students still have difficulty determining the moral message in a reading text, 4) Contextual word comprehension, where more students understand the meaning of words from antonyms than synonyms. Of the 12 students, 33% are found to have a sufficient understanding of the four aspects of reading comprehension, 44% of the students still require strengthening and assistance from teachers in interpretative, critical, and contextual word comprehension, and 25% of the students are not yet able to comprehend reading. This research provides insights into the assessment process and reading comprehension skills profile, allowing the school to evaluate and enhance the assessment and learning processes for better outcomes. Keywords: Assessment Process Reading Comprehension Abilities, Students with Learning Disability

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Leliana Lianty, M.Pd 2) Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 22400 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2024 22:56
Last Modified: 10 Jul 2024 22:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45563

Actions (login required)

View Item View Item