Strategi Pengelolaan Media Sosial Instagram @idx _channel Dalam Menjangkau Khalayak Luas (Pada Kasus:Berita Ekonomi dan POlitik)

NUR NILAM CAHYA, . (2024) Strategi Pengelolaan Media Sosial Instagram @idx _channel Dalam Menjangkau Khalayak Luas (Pada Kasus:Berita Ekonomi dan POlitik). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Media sosial sangat penting untuk berkomunikasi dan menyebarkan informasi dengan khalayak luas. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yag dilakukan dalam pengelolaan media sosial Instagram @idx_channel dalam menjangkau khalayak luas. Penelitian ini menganalisis Strategi Pengelolaan Media Sosial Instagram @idx_channel Dalam Menjangkau Khalayak Luas (Pada Kasus : Berita Ekonomi dan Politik) dengan menggunakan teori 4C (Context, Communication, Collaboration, Connection) oleh Chris Heuer. Melalui pendekatan teori 4C, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana konteks (Context) berita, cara berkomunikasi (Communication), kolaborasi (Collaboration) dengan berbagai pihak, serta koneksi (Connection) dengan audiens dapat dioptimalkan untuk meningkatkan jangkauan dan efektivitas penyebaran informasi melalui media sosial Instagram @idx_channel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan beberapa teknik yang meliputi coding, reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @idx_channel berhasil memanfaatkan context dengan menyajikan konten yang relevan dan up-to-date terkait pasar modal dan investasi yang sesuai dengan keinginan audiens. Dalam hal communication, IDXChannel telah mengadaptasi gaya komunikasi mereka sesuai dengan kebutuhan audiens dan penggunaan bahasa yang mudah dimengerti. Namun, IDXChannel kurang aktif dalam melakukan komunikasi dua arah dengan audiens. Collaboration juga dilakukan dengan melibatkan para influencer, pengusaha, dan institusi keuangan untuk memperluas jangkauan konten dan meningkatkan kredibilitas akun. Terakhir, connection IDXChannel telah berhasil membangun koneksi yang kuat dengan audiens mereka melalui memanfaatkan fitur yang ada pada Instagram. Melalui penggunaan template, IDXChannel tidak hanya menyediakan konten yang menarik, tetapi juga mengundang partisipasi aktif dari audiens Saran yang dapat peneliti berikan adapun untuk meningkatkan interaksi dan komunikasi dua arah dengan audiens, memperluas kerja sama dengan influencer, serta mempertimbangkan untuk menampilkan berita politik karena potensinya untuk meningkatkan jangkauan IDXChannel secara signifikan di media sosial. Kata Kunci : Strategi; Media Sosial; IDXChannel. ABSTRACT Social media is very important for communicating and disseminating information with a wide audience. The purpose of this research is to find out what strategies are used in managing social media Instagram @idx_channel to reach a wide audience. This research analyzes the Instagram @idx_channel Social Media Management Strategy in Reaching a Wide Audience (In Case: Economic and Political News) using the 4C theory (Context, Communication, Collaboration, Connection) by Chris Heuer. Through the 4C theory approach, this research aims to understand how news context, communication methods, collaboration with various parties, and connections with audiences can be optimized to increase the reach and effectiveness of information dissemination via social media. Instagram @idx_channel. The method used in this research is descriptive qualitative with data collection techniques carried out through observation, interviews and documentation. In analyzing the data, this research uses several techniques which include coding, data reduction, data display, and drawing conclusions (verification). Determining informants in this research used the Purposive Sampling technique. The research results show that @idx_channel has succeeded in utilizing context by presenting relevant and up-to-date content related to capital markets and investment that suits the audience's wishes. In terms of communication, IDXChannel has adapted their communication style according to audience needs and uses language that is easy to understand. However, IDXChannel is less active in carrying out two-way communication with the audience. Collaboration is also carried out by involving influencers, entrepreneurs and financial institutions to expand the reach of content and increase account credibility. Lastly, the IDXChannel connection has succeeded in building a strong connection with their audience by utilizing existing features on Instagram. Through the use of templates, IDXChannel not only provides interesting content, but also invites active participation from the audience Suggestions that researchers can give are to increase interaction and two-way communication with the audience, expand cooperation with influencers, and consider displaying political news because of its potential to significantly increase IDXChannel's reach on social media. Keywords: Strategy; Media Social; IDXChannel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Muria Putriana, S.AP., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Users 22490 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:14
Last Modified: 16 Jul 2024 01:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45603

Actions (login required)

View Item View Item