EVALUASI PADA PROGRAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENCIPTAKAN INKLUSIVITAS KEPEMIMPINAN SEBAGAI AGEN PERUBAHAN DI PPSW JAKARTA

CYNTIA PUSPITASARI, . (2024) EVALUASI PADA PROGRAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENCIPTAKAN INKLUSIVITAS KEPEMIMPINAN SEBAGAI AGEN PERUBAHAN DI PPSW JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Pemberdayaan Perempuan dalam menciptakan inklusivitas kepemimpinan sebagai agen perubahan di PPSW Jakarta.Evaluasi dilakukan dengan analisis context, input, product, dan outcome (CIPPO). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Context, Program terbukti efektif dalam mencapai tujuan dengan memberikan manfaat bagi peserta program, terdapat partisipasi aktif dan dukungan positif dari stakeholder, relevansi program dalam pengembangan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat. (2) Input, Sumber pendanaan hanya berasal dari internal PPSW Jakarta tanpa dukungan eksternal, yang membatasi kemampuan program dalam mengundang mentor ahli dan berpotensi mengancam keberlangsungan program di masa depan. Kriteria mentor hanya didasarkan pada pengalaman pada bidang pelatihan, dengan sarana prasarana yang disediakan tetapi terbatas. Materi ajar dalam bentuk modul tidak dibagikan kepada peserta, dan kemitraan terbatas pada lembaga API. (3) Process, Pelaksanaan program dilakukan dengan perencanaan cermat dan implementasi terfokus, terdapat evaluasi harian yang menjadi acuan utama penilaian peserta. Komunikasi yang baik serta keterlibatan koordinator pendidikan dalam memastikan keberhasilan. Namun, umpan balik berupa post test tidak memberikan dampak signifikan pada keberhasilan peserta. (4) Product, Program berhasil mencapai tujuan dengan menciptakan perubahan nyata pada peserta, seperti peningkatan kepercayaan diri, pola pikir proaktif, dan pengetahuan mendalam tentang kepemimpinan. Peserta menjadi lebih aktif dalam peran masyarakat, menunjukkan kualitas produk yang relevan dengan tujuan program. (5) Outcome, hanya 20% peserta yang menunjukkan perubahan nyata dalam kemandirian dan kepercayaan diri, serta peningkatan akses perempuan pada peluang ekonomi dan peran masyarakat. Keberlanjutan program yang tergantung pada pendanaan internal. ********** This study aims to evaluate the Women's Empowerment Programin creatingleadership inclusivity as agents of change at PPSW Jakarta. The evaluationisconducted using the CIPPO (Context, Input, Process, Product, Outcome) analysis. The research method employed is descriptive with a qualitative approach. Datawere collected through in-depth interviews, observations, and related document analysis. The findings show that (1) Context: The program has proven ef ectiveinachieving its goals by providing benefits to the participants, with activeparticipation and positive support from stakeholders, highlighting the program'srelevance in human resource development and community empowerment. (2) Input: Funding sources come solely from PPSW Jakarta's internal resourceswithout external support, which limits the program's ability to invite expert mentors and potentially threatens its future sustainability. Mentor criteriaarebased on experience, with provided facilities being available but limited. Teachingmaterials in the form of modules are not distributed to participants, andpartnerships are limited to the API institution. (3) Process: The programiscarried out with careful planning and focused implementation, although dailyevaluations are the main basis for participant assessment. Good internal andexternal communication, along with the involvement of education coordinators, iscrucial to ensure success. However, feedback in the form of post-tests does not significantly impact participants' success. (4) Product: The programsuccessfullyachieves its objectives by creating tangible changes in participants, suchasincreased self-confidence, proactive mindsets, and in-depth knowledge of leadership. Participants become more active in community roles, demonstratingthe relevance of the program's outcomes to its goals. (5) Outcome: Only 20%of participants demonstrated significant changes in self-reliance and confidence, aswell as improved access for women to economic opportunities and communityroles. The sustainability of the program depends on internal funding.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Puji Hadiyanti, M.Si. ; 2). Retno Dwi Lestari, S.Sy.,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Cyntia Puspitasari .
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:45
Last Modified: 18 Jul 2024 04:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45625

Actions (login required)

View Item View Item