PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PARIWISATA BERBASIS HYPERMEDIA

ANWAR RAHMAN, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PARIWISATA BERBASIS HYPERMEDIA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran Disertasi compres.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran bahasa Inggris pariwisata berbasis hypermedia untuk mengatasi masalah pembelajaran bahasa Inggris. Model dikembangkan melalui penelitian pengembangan (R&D) dengan mengkombinasikan model Dick and Carey, Hannafin Peck dan Allen. Pengembangan model diawali dengan pengumpulan dan analisis data informasi untuk mengetahui permasalahan peserta didik dan konteks serta potensi pengembangan model, dilanjutkan dengan langkah-langkah pengembangan sesuai dengan Dick and Carey. Hypermedia sebagai basis pengembangan model pembelajaran bahasa Inggris dipilih berdasarkan teori bahwa kemampuan bahasa Inggris baik membaca (speaking), mendengar (listening), membaca (reading) dan menulis (writing) dapat meningkat dengan belajar melalui berbagai media teks, audio dan video. Hypermedia pembelajaran bahasa Inggris secara on line yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja seperti website, youtube, istagram, face book, dan whatsapps dapat digunakan oleh dosen untuk mengatasi permasalahan pembelajaran bahasa Inggris bidang pariwisata. Model pembelajaran yang dikembangkan dalam penerapannya dilengkapi dengan bahan ajar e-modul berbasis hypermedia yang dapat diakses melalui www.english4tourism.my.id. Evaluasi formatif oleh ahli pembelajaran, media, dan bahasa Inggris untuk pariwisata menunjukkan bahwa model yang dikembangkan dinilai sangat baik. Uji coba satusatu oleh mahasiswa serta evaluasi kelompok kecil menunjukkan bahwa model pembelajaran ini sangat baik dalam hal kejelasan, dampak terhadap peserta didik, dan kelayakan. Uji coba lapangan kepada 37 mahasiswa menunjukkan bahwa model pembelajaran juga santat baik, sesuai dengan tujuan pembelajaran, mudah digunakan dan dipahami, menunjukkan pengalaman belajar, mencukupi untuk materi bahasa Inggris, bermanfaat, dapat mengukur hasil belajar, memberikan feedback, menarik minat belajar, memotivasi, dan mendukung kolaborasi antar siswa. Uji t-test paired sample menunjukkan bahwa model pembelajaran ini efektif, dengan rata-rata nilai pre-test 58,05 dan post-test 70,92, serta capaian kemajuan (gain score) sebesar 12,86. Signifikansi statistik (2-tailed) adalah 0,000 <0,05, menegaskan keefektifan model pembelajaran bahasa Inggris pariwisata berbasis hypermedia dengan modul elektronik sebagai sumber belajar. This research aims to develop a hypermedia-based English learning model for tourism to address issues in English language learning. The model is developed through research and development (R&D) by combining the Dick and Carey, Hannafin Peck, and Allen models. The development process begins with data collection and analysis to identify the learners' problems, context, and the potential for model development, followed by development steps according to Dick and Carey. Hypermedia is chosen as the basis for developing the English learning model based on the theory that English proficiency in speaking, listening, reading, and writing can be improved through learning with various media such as text, audio, and video. Online hypermedia for learning English, accessible anytime and anywhere through platforms such as websites, YouTube, Instagram, Facebook, and WhatsApp, can be used by lecturers to address English learning issues in the tourism sector. The developed learning model is accompanied by hypermedia-based e-module teaching materials accessible via www.english4tourism.my.id. Formative evaluations by experts in learning, media, and English for tourism indicate that the developed model is highly rated. One-on-one trials by students and small group evaluations show that this learning model excels in clarity, impact on learners, and feasibility. Field trials with 37 students demonstrate that the learning model is very good, aligns with learning objectives, easy to use and understand, provides a valuable learning experience, sufficient for English material, beneficial, measures learning outcomes, provides feedback, attracts interest, motivates, and supports student collaboration. The paired sample t-test shows that this learning model is effective, with an average pre-test score of 58.05 and a post-test score of 70.92, and a gain score of 12.86. The statistical significance (2-tailed) is 0.000 < 0.05, confirming the effectiveness of the hypermedia-based English learning model for tourism with electronic modules as learning resources.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Basuki Wibawa, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. M Syarif Sumantri, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 22541 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:18
Last Modified: 23 Jul 2024 04:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45632

Actions (login required)

View Item View Item