HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SETIABUDI

ANISYA FATHIA, . (2024) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SETIABUDI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pola asuh orang tua yang baik erat kaitannya dengan perkembangan siswa terutama dalam hal pendidikan. Hasil belajar merupakan output yang di dapat setelah mengikuti pembelajaran, namun output antara siswa yang satu dengan yang lain berbeda salah satu faktor yang membedakan adalah pola asuh dari orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas IV sekolah dasar di kecamatan Setiabudi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Menteng Atas 14 sebanyak 90 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling two stage. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi dan dianalisis dengan uji-t. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear dengan rumus yang di dapat yaitu Y = 12,08+1,42X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis orang tua dengan hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas IV sekolah dasar dimana nilai persentase yang diperoleh yaitu 83,9%. Oleh sebab itu pola asuh yang demokratis dari orang tua sangat diperlukan untuk mewujudkan hasil belajar yang baik bagi siswa. Good parenting styles are closely related to student development, especially in terms of education. Learning outcomes are the output that is obtained after participating in learning, but the output between one student and another is different. One of the differentiating factors is the parenting style of their parents. This research aims to determine the relationship between parents' democratic parenting style and the Pancasila education learning outcomes of fourth grade elementary school students in Setiabudi sub-district. The sample in this study was 90 grade IV students at Menteng Atas State Elementary School 14. Sampling used a two-stage cluster random sampling technique. The method used is quantitative with a correlation type. Data collection was carried out using questionnaires and documentation and analyzed using the t-test. The data analysis technique used is a linear regression test with the formula obtained, namely Y = 12,08+1,42X. The results of the research show that there is a significant relationship between parents' democratic parenting style and the Pancasila education learning outcomes of fourth grade elementary school students where the percentage value obtained is 83.9%. Therefore, a democratic parenting style from parents is very necessary to achieve good learning outcomes for students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd./ 2). Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 22916 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2024 00:16
Last Modified: 23 Jul 2024 00:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45911

Actions (login required)

View Item View Item