EFEKTIVITAS PENERAPAN BLENDED LEARNING MODEL FLIPPED CLASSROOMTERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAHKAIWA III (Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta Tahun Akademik 2019/2020)

MUHAMAD ZAKARIA, . (2020) EFEKTIVITAS PENERAPAN BLENDED LEARNING MODEL FLIPPED CLASSROOMTERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAHKAIWA III (Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta Tahun Akademik 2019/2020). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB II Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Hasil Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Lampiran & Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan zaman modern adalah blended learning. Blended learning merupakan model pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran konvensional dengan pembelajaran modern. Salah satu variasi model blended learning adalah model flipped classroom. Model flipped classroom merupakan model pembelajaran yang terdiri dari dua bagian yakni kegiatan pembelajaran berbasis komputer di luar kelas dan kegiatan belajar kelompok interaktif di dalam kelas. Adapun manfaat yang diperoleh pengajar apabila menerapkan blended learning model flipped classroom adalah pengajar dapat memberikan materi pelajaran, menyelenggarakan kuis, dan memberikan umpan balik kepada siswa melalui fasilitas internet. Sedangkan manfaat untuk pelajar adalah pelajar dapat leluasa untuk mempelajari materi pelajaran secara mandiri dengan memanfaatkan media daring kapan saja dan dimana saja. Dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang, banyak pola kalimat dan ungkapan yang harus dipelajari serta latihan yang banyak agar dapat berkomunikasi dengan baik. Namun, tidak cukup waktu yang tersedia apabila semua kegiatan tersebut dilakukan di kelas. Oleh sebab itu, penulis bermaksud untuk menerapkan blended learning model flipped classroom dalam pembelajaran Kaiwa III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan blended learning model flipped classroom terhadap hasil belajar mata kuliah Kaiwa III. Selain itu, untuk mengetahui hasil belajar Kaiwa III setelah menerapkan model flipped classroom dan mengetahui tanggapan mahasiswa mengenai penerapan blended learning model flipped classroom dalam pembelajaran Kaiwa III. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta yang mengambil mata kuliah Kaiwa III dengan sampel mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kaiwa III kelas B yang berjumlah 22 orang. Instrumen pada penelitian ini adalah tes (berupa pretest dan posttest) serta non-tes berupa angket. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 2,018, kemudian nilai thitung pada penelitian ini yaitu 4,08. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (thitung > ttabel) yang berarti model flipped classroom efektif terhadap peningkatan hasil belajar Kaiwa III. Kemudian, hasil angket yang diperoleh menunjukkan bahwa 100% mahasiswa berpendapat bahwa model flipped classroom efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara dalam pembelajaran Kaiwa III, 87% berpendapat bahwa dengan model flipped classroom waktu belajar menjadi lebih fleksibel, dan 78% berpendapat bahwa waktu belajar di kelas menjadi lebih efisien. Kata kunci: Model, pembelajaran, blended learning, flipped classroom,berbicara, bahasa Jepang ************** In study of Kaiwa III (speaking III), there are many sentence patterns and expressions that must be learned and lots of practice in order to be able to communicate using Japanese well. However, not enough time is available if all these activities are carried out in class. In addition, students look less prepared to study and less active. Therefore the author intends to apply the blended learning model of flipped classroom in Kaiwa III class. This study aims to find out student learning outcomes after using the flipped classroom model, to determine the effectiveness of using a blended learning model of flipped classroom on Kaiwa III learning outcomes, and to find out student responses regarding the application of the blended learning model of flipped classroom in Kaiwa III learning. The method used in this study is pre-experimental, with one group pre-test post-test design. The population in this study were students of the Japanese Language Education Study Program, Universitas Negeri Jakarta, 2019/2020 academic year with a sample of 22 students of Kaiwa III. The instrument used were tests, in the form of a pretest-posttest, and questionnaire. From the statistical data calculation based on the results of the pretest and the posttest show that the ttable value at the 5% significance level is 2.018, while the tcalculate value in this study is 4.08. Since the tcalculate is higher that the ttable , it shows that the hypothesis alternative (Ha) of this study is accepted, which proved the using of flipped classroom model on learning outcomes for Japanese conversation is effective. Then, the results of the questionnaire obtained showed that,87% thought that with the flipped classroom model the learning time became more flexible, 78% thought that learning time in the classroom became more efficient, 78% of students think that applying the flipped classroom model makes them more ready to learn. Keyword: Model, Learning, Blended Learning, Flipped Classroom, Kaiwa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Yuniarsih, M.Hum., M.Ed. 2) Eky Kusuma Hapsari, S.S., M.Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 650 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2020 16:06
Last Modified: 05 Oct 2022 05:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4593

Actions (login required)

View Item View Item