PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, DAN TRANSFERRING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Kuantitatif di Kelas XI SMKN 50 Jakarta pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila)

ASTO TRI PAMUNGKAS, . (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, DAN TRANSFERRING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Kuantitatif di Kelas XI SMKN 50 Jakarta pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (974kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Kemampuan berpikir kritis ini bermanfaat untuk siswa sebagai bekal di masa yang akan datang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen yang terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol dan menerapkan desain pre-test dan post-test control group. Penelitian ini berlokasi di SMK Negeri 50 Jakarta dengan populasi kelas XI sebanyak 250 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 70 orang yang terdiri dari dua kelas, yaitu sebagai kelas eksperimen ialah kelas XI Manajemen Perkantoran Layanan Bisnis 1 dan sebagai kelas kontrol ialah kelas XI Manajemen Perkantoran Layanan Bisnis 2. Sampel ini diperoleh dari teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Data yang diperoleh melalui tes essay kemampuan berpikir kritis. Uji validasi instrumen menggunakan teknik expert judgement, untuk memvalidasi instrumen ini dibutuhkan 2 ahli. Uji Prasyarat analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menyatakan bahwa seluruh data berdistribusi normal untuk pre-test dan post-test di kelas eksperimen dan kontrol. Uji Homogenitas yang dilakukan menyatakan homogen pada data pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,004 yang berarti kurang dari 0,05 (< 0,05). Sehingga, kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. This study aims to see the effect of REACT learning strategy on students'critical thinking skills in Pancasila Education subject. This critical thinking ability is useful for students as a provision in the future. The research approach used is a quantitative approach with a quasiexperimental method that has an experimental class and a control class and applies a pre-test and post-test control group design. This research is located at Vocational High School 50 Jakarta with a population of class XI as many as 250 students. The sample used was 70 people consisting of two classes, namely as an experimental class was XI Class of Office Management Business Services 1 and as a control class was XI Class of Office Management Business Services 2. This sample was obtained from nonprobability sampling technique with purposive sampling type. Data obtained through critical thinking ability essay test. The instrument validation test uses expert judgment techniques, to validate this instrument 2 experts are needed. Prerequisite test analysis was carried out with normality test and homogeneity test. The normality test states that all data is normally distributed for pre-test and post-test in experimental and control classes. Homogeneity test conducted states homogeneous in pre-test and post-test data. The results of this research show that the significance value obtained is 0.004 which means less than 0.05 (<0.05). Thus, the conclusion of this study is that there is an effect of REACT learning strategy on students' critical thinking skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. M. Japar, M.Si ; 2). Dwi Afrimetty Timoera, SH. MH
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Asto Tri Pamungkas .
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:22
Last Modified: 23 Jul 2024 04:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46034

Actions (login required)

View Item View Item