PENGEMBANGAN MEDIA CETAK VISUAL BERBANTUAN PERMAINAN KARTU UNO UNTUK MATERI KEBERAGAMAN MASYARAKAT DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA DI SMP

HANA AZZAHRA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA CETAK VISUAL BERBANTUAN PERMAINAN KARTU UNO UNTUK MATERI KEBERAGAMAN MASYARAKAT DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA DI SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Hana Azzahra, Pengembangan Media Cetak Visual Berbantuan Permainan Kartu Uno Untuk Materi Keberagaman Masyarakat dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika di SMP. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2024. Tujuan penelitian ini ialah untuk dapat mengetahui cara mengembangkan media cetak visual berbantuan permainan kartu uno untuk materi keberagaman masyarakat dalam bingkai bhinneka tunggal ika di SMP. Penelitian ini menggunakan desain mixed methods dan pendekatan research and development (Rnd). Pendekatan research and development yang digunakan dalam penelitian ini ialah ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer didapatkan melalui observasi dan wawancara. sumber data sekunder didapatkan melalui studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian ini ialah media cetak visual berbantuan permainan kartu uno dapat digunakan sebagai media pada materi keberagaman masyarakat dalam bingkai bhinneka tunggal ika Dengan hasil uji oleh ahli materi dan pembelajaran dengan rata-rata 90% dan ahli media 81%. Dengan implementasi pada uji kelompok besar memperoleh 88% dan uji coba Pre-Test dan Post-Test dengan memperoleh presentase 97%. Kesimpulan yang diperoleh bahwa media cetak visual dapat diterapkan sebagai media pembelajaran pada materi keberagaman masyarakat dalam bingkai bhinneka tunggal ika, sekolah menengah pertama. Kata Kunci: Media pembelajaran, Pengembangan, Media cetak visual Hana Azzahra, Development of Visual Print Media Assisted by Uno Card Game for the Material of Community Diversity in the Frame of Bhinneka Tunggal Ika in Junior High School. Thesis. Jakarta: Pancasila and Citizenship Education Study Program, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta, 2024. The purpose of this study was to find out how to develop visual print media assisted by uno card games for the material of community diversity in the frame of bhinneka tunggal ika in junior high school. This study uses a mixed methods design and a research and development (Rnd) approach. The research and development approach used in this research is ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). The data sources used are primary and secondary data sources. Primary data sources are obtained through observation and interviews. secondary data sources are obtained through literature studies. Data collection techniques using observation, interviews, and questionnaires. Data analysis techniques used observation, interviews, questionnaires, and tests. The results of this study are visual print media assisted by uno card games can be used as media on the material of community diversity in the frame of bhinneka tunggal ika With the results of tests by material and learning experts with an average of 90% and 81% media experts. With the implementation in the large group test obtained 88% and the Pre-Test and Post-Test by obtaining a percentage of 97%. The conclusion obtained is that visual print media can be applied as learning media on the material of community diversity in the frame of bhinneka tunggal ika, junior high school. Keywords: Learning media, Development, Visual print media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr.M.Japar, M.Si. ; 2). Dwi Afrimetty Timoera, S.H., M.H.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 22509 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:47
Last Modified: 23 Jul 2024 04:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46061

Actions (login required)

View Item View Item