GIRIMBANG WAHYU PRASETYO, . (2024) PENANAMAN NILAI GOTONG ROYONG MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Studi Deskriptif Kualitatif pada Kelas VIII SMPN 36 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (625kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (216kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Girimbang Wahyu Prasetyo, Penanaman Nilai Gotong Royong melalui Pembelajaran Kolaboratif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila (Studi Kualitatif pada Kelas VIII SMPN 36 Jakarta). Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan dan penanaman nilai gotong royong melalui pembelajaran kolaboratif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang dikonsepkan oleh guru Pendidikan Pancasila kepada peserta didik kelas VIII di SMPN 36 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data primer didapatkan melalui enam informan peserta didik, satu key informan guru Pendidikan Pancasila. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dan dokumentasi penelitian di lapangan. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Pancasila menggunakan pembelajaran kolaboratif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan menerapkan langkah-langkah pada proses pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) guna menanamkan nilai gotong royong kepada peserta didik. Proses penanaman nilai gotong royong yang dilakukan melalui pembelajaran kolaboratif tipe Teams Games Tournament (TGT), ketika pembelajaran berlangsung, peserta didik di dalam kelompoknya menunjukkan: Pertama, peduli terhadap anggota kelompok yang mengalami kesulitan. Kedua, peserta didik sadar akan kemampuan yang dimilikinya. Ketiga, peserta didik mampu berinteraksi dan berdiskusi dengan baik. Keempat, anggota kelompok mampu melakukan kerjasama dengan baik. Kelima, tanggung jawab terhadap pembagian tugas yang didapatkannya dari kelompok belajar. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah untuk menanamkan nilai gotong royong kepada peserta didik, guru Pendidikan Pancasila menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe Teams Games Tournament (TGT). Pada proses pelaksanaan pembelajaran kolaboratif tipe Teams Games Tournament (TGT) terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan guna dapat menerapkan proses pembelajaran tersebut. Selanjutnya, melalui langkah-langkah tersebut dapat menumbuhkan kesadaran, kepedulian, interaksi, diskusi, tanggung jawab, dan kerjasama pada dalam diri peserta didik. Kata Kunci: Penanaman Nilai, Gotong Royong, Pembelajaran Kolaboratif, Teams Games Tournament, Pendidikan Pancasila. Girimbang Wahyu Prasetyo, Cultivating the Value of Gotong Royong through Collaborative Learning type Teams Games Tournament (TGT) in Pancasila Education Subjects (Qualitative Study in Class VIII of SMPN 36 Jakarta). Thesis, Jakarta: Department of Pancasila and Civic Education, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta, 2024. The purpose of this study was to determine the implementation process and the cultivation of the value of gotong royong through collaborative learning type Teams Games Tournament (TGT) conceptualised by the Pancasila Education teacher to class VIII students at SMPN 36 Jakarta. This research uses a qualitative approach with descriptive method. Primary data sources were obtained through six student informants, one key informant of Pancasila Education teacher. While secondary data were obtained through literature studies and research documentation in the field. Data collection procedures carried out in this study are observation, interviews, and documentation. The findings in this study show that Pancasila Education teachers use Teams Games Tournament (TGT) type collaborative learning by applying the steps in the learning process to instil the value of gotong royong to students. Then, when Teams Games Tournament (TGT) type collaborative learning takes place, learners in their groups show: First, caring for group members who have difficulties. Second, learners are aware of their abilities. Third, learners are able to interact and discuss well. Fourth, group members are able to co-operate well. Fifth, responsibility for the division of tasks obtained from the learning group. The conclusion obtained in this study is to instil the value of gotong royong to students, Pancasila Education teachers use the Teams Games Tournament (TGT) type collaborative learning model. In the process of implementing collaborative learning type Teams Games Tournament (TGT) there are steps that must be taken in order to implement the learning process. Furthermore, through these steps be able to foster awareness, care, interaction, discussion, responsibility, and cooperation in students. Keywords: Value Planting, Mutual Cooperation, Collaborative Learning, Teams Games Tournament, Pancasila Education.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd. 2). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 22425 not found. |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 05:24 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 05:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46074 |
Actions (login required)
View Item |