OPINI PUBLIK MENGENAI WEBSITE HAVEANIESDAY.COM DALAM MEMBENTUK CITRA ANIES BASWEDAN SEBAGAI CALON PRESIDEN 2024 (SURVEI DESKRIPTIF : PENGGUNA MEDIA SOSIAL X YANG MEMBERIKAN KOMENTAR UNGGAHAN @ANIESBUBBLE TANGGAL 23 JANUARI DAN ATAU 12 FEBRUARI 2024)

ATIKA NUR AMALINA, . (2024) OPINI PUBLIK MENGENAI WEBSITE HAVEANIESDAY.COM DALAM MEMBENTUK CITRA ANIES BASWEDAN SEBAGAI CALON PRESIDEN 2024 (SURVEI DESKRIPTIF : PENGGUNA MEDIA SOSIAL X YANG MEMBERIKAN KOMENTAR UNGGAHAN @ANIESBUBBLE TANGGAL 23 JANUARI DAN ATAU 12 FEBRUARI 2024). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Website haveaniesday.com merupakan platform yang dikembangkan oleh pendukung untuk memperkenalkan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 kepada masyarakat. Website memiliki kekuatan untuk membentuk opini publik dengan menyediakan informasi yang dapat mendorong pembentukan opini dan citra Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui opini publik terhadap website haveaniesday.com dalam membentuk citra Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. Penelitian ini menggunakan Teori Stimulus Organism Response (SOR) sebagai kerangka teoritis untuk memahami bagaimana informasi yang terdapat pada website sebagai stimulus dapat berdampak kepada organism dan menumbuhkan response berupa opini. Kemudian, penelitian ini menggunakan konsep Opini Publik menurut Cutlip dan Center sebagai dasar untuk mengukur dimensi-dimensi opini publik seperti arah, intensitas, stabilitas, dukungan informasional, dan dukungan sosial. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dan metode survei deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner (google form) kepada 100 responden. Data responden dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk mengukur nilai mean dari masing-masing dimensi opini publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden cenderung memiliki arah opini positif terhadap informasi mengenai Anies Baswedan dalam website haveaniesday.com, dengan nilai mean pada dimensi arah opini sebesar 4,61, dimensi pengukuran intensitas sebesar 4,49, dimensi stabilitas sebesar 4,48, dimensi dukungan informasional sebesar 4,44 dan dukungan sosial sebesar 4,15. Hasil nilai mean pada lima dimensi masuk dalam kategori positif. Dapat disimpulkan bahwa website haveaniesday.com telah membentuk opini publik positif dan memberikan dampak pembentukan citra positif Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. Kata Kunci: Citra, Media Sosial, Opini Publik, Public Relations, Website ***** The website haveaniesday.com is a platform developed by supporters to introduce Anies Baswedan as a presidential candidate for 2024 to the public. The website has the power to shape public opinion by providing information that can drive the formation of opinions and the image of Anies Baswedan as a presidential candidate for 2024. This research aims to determine public opinion regarding the website haveaniesday.com in shaping the image of Anies Baswedan as a presidential candidate for 2024. This study uses the stimulus-organization-Response (SOR) theory as the theoretical framework to understand how the information on the website as a stimulus can impact the organism and generate a response in the form of opinions. Furthermore, the study employs the public opinion concept according to Cutlip and Center as the basis for measuring the dimensions of public opinion such as direction, intensity, stability, informational support, and social support. The research applies a quantitative approach and a descriptive survey method. Data collection uses a questionnaire (Google Forms) administered to 100 respondents. The respondents' data are analyzed using descriptive statistics to measure the mean value of each dimension of public opinion. The research results indicate that the majority of respondents tend to have a positive opinion regarding the information about Anies Baswedan on the website haveaniesday.com, with a mean value in the opinion direction dimension of 4,61, intensity measurement dimension of 4,49, stability dimension of 4,48, informational support dimension of 4,44, and social support dimension of 4,15. The mean values in all five dimensions fall into the positive category. It can be concluded that the website haveaniesday.com has shaped a positive public opinion and contributed to forming a positive image of Anies Baswedan as a presidential candidate for 2024. Keywords: Image, Public Opinion, Public Relations, Social Media, Website

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Wina Puspita Sari, M.Si.
Subjects: Karya Umum > Jurnalisme, Media Berita, Penerbitan
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Users 22990 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2024 00:00
Last Modified: 26 Jul 2024 00:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46132

Actions (login required)

View Item View Item