MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII H SMP NEGERI 1 CABANGBUNGIN DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

ANGGUN NABILA AZZAHRA, . (2024) MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII H SMP NEGERI 1 CABANGBUNGIN DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (333kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik dan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII H SMP Negeri 1 Cabangbungi terutama pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, studi pustaka, dan studi dokumentasi, sedangkan dalam teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Berdsarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar peserta didik kelas VII H di SMP Negeri 1 Cabangbungin pada setiap indikator sebagian besar ada pada kategori rendah dengan indikator adanya lingkungan kondusif dalam belajar merupakan indikator yang paling dominan dalam mempengaruhi rendahnya motivasi belajar peserta didik. Selain itu, terdapat indikator lain yang perlu diperhatikan, yaitu indikator adanya hasrta dan keinginan belajar, adanya dorongan dan kebutuhan belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya kegiatan menarik dalam belajar. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, yaitu dengan memberikan nilai tambahan, pujian, dan acungan jempol, teguran dan pengurangan nilai. ***** This study aims to determine the level of learning motivation of students and teachers' efforts in increasing the learning motivation of students in grade VII H SMP Negeri 1 Branchbungi, especially in social studies subjects. This study uses a descriptive research method. The data collection techniques used are questionnaires, interviews, observations, literature studies, and documentation studies, while in data analysis techniques use descriptive data analysis. Based on the results of the study, it can be concluded that the learning motivation of students in class VII H at SMP Negeri 1 Cabangbungin in each indicator is mostly in the low category with the indicator of a conducive environment in learning is the most dominant indicator in influencing the low learning motivation of students In addition, there are other indicators that need to be considered, namely indicators of hasrta and desire to learn, the existence of encouragement and need to learn, the existence of hopes and aspirations for the future, and the existence of interesting activities in learning. Efforts made by teachers to increase students' motivation to learn, namely by giving additional grades, praises, and thumbs up, reprimands and subtractions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Budiaman,M.Si ; 2). Nurul Istiqomah,M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 23059 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2024 23:56
Last Modified: 23 Jul 2024 23:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46155

Actions (login required)

View Item View Item