POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP (STUDI DESKRIPTIF POLA KOMUNIKASI KELUARGA KONSENSUAL PESERTA DIDIK SMP NEGERI 16 JAKARTA)

SHABIIKA JUNIAR KHANSA, . (2024) POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP (STUDI DESKRIPTIF POLA KOMUNIKASI KELUARGA KONSENSUAL PESERTA DIDIK SMP NEGERI 16 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER - SHABIIKA.pdf

Download (973kB)
[img] Text
DRAFT BAB 1 ENDAHULUAN - SHABIIKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DRAFT BAB 2 TEORI - SHABIIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
DRAFT BAB 3 METODOLGI - SHABIIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
DRAFT BAB 4 ISI - SHABIIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB) | Request a copy
[img] Text
DRAFT BAB 5 PENUTUP - SHABIIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
DRAFT DAFTAR PUSTAKA - SHABIIKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DRAFT LAMPIRAN - SHABIIKA_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pola komunikasi keluarga konsensual dalam membangun motivasi belajar peserta didik dan untuk mengetahui hambatan pola komunikasi keluarga dalam mambangun motivasi belajar peserta didik SMP Negeri 16 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, kuesioner, studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 22 peserta didik SMP Negeri 16 Jakarta yang berasal dari kelas 7 dan 8. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Hasil kategori pola komunikasi keluarga konsensual peserta didik SMP Negeri 16 Jakarta mayoritas berada di tingkatan sedang, yaitu melakukan komunikasi mengenai pengambilan keputusan, berkomunikasi mengenai emosional, berkomunikasi tentang berbagai topik, dan mematuhi kedua orang tua. Sedangkan dalam berkomunikasi mengenai pemikiran dan menghindari konflik, mayoritas peserta didik masih berada di tingkat rendah. Dan diketahui pula ciri-ciri motivasi belajar yang terbangun pada peserta didik berada di tingkatan yang berbeda, yaitu pada indikator memiliki rasa kebutuhan dalam belajar dan adanya penghargaan dalam proses belajar berada di tingkat kategori sangat rendah, pada indikator adanya hasrat keinginan untuk belajar di tingkat rendah, indikator lingkungan yang mendukung berada di tingkat kategori sedang, dan indikator memiliki cita-cita masa dan harapan masa depan, serta indikator kegiatan yang menarik berada di tingkat kategori tinggi. (2) Hambatan pola komunikasi keluarga konsensual yang terjadi dalam menghambat proses membangun motivasi belajar diketahui mayoritas peserta didik dalam mengalami hambatan proses dan hambatan psiko-sosial berada di tingkatan sedang, kemudian mayoritas peserta didik dalam mengalami hambatan fisik dan semantik berada pada tingkatan rendah. Kata Kunci : Pola Komunikasi Keluarga Konsensual, Hambatan Komunikasi, Motivasi Belajar, Peserta Didik SMP ***** This research aims to determine the form of consensual family communication patterns in building students' learning motivation and to determine the obstacles to family communication patterns in building students' learning motivation at SMP Negeri 16 Jakarta. The research method used is descriptive with a quantitative approach. Data collection techniques in this research were carried out through observation, questionnaires, literature study, documentation, and interview. The subjects of this research consisted of 22 students of SMP Negeri 16 Jakarta who came from grades 7 and 8. The results of the study concluded that: (1) The results of the category of consensual family communication patterns for students of SMP Negeri 16 Jakarta were mostly at a medium level, namely carrying out communication. regarding decision making, communicating emotionally, communicating about various topics, and obeying both parents. Meanwhile, in communicating thoughts and avoiding conflict, most students are still at a low level. And it is also known that the characteristics of learning motivation that are awakened in students are at different levels, namely the indicator of having a sense of need for learning and the existence of appreciation in the learning process is at the very low category level, the indicator of having a desire to learn is at the low level, the supportive environment indicator is at the medium category level, and the indicator of having future goals and Future expectations, as well as indicators of interesting activities are at the high category level. (2) The barriers to consensual family communication patterns that occur in hindering the process of building learning motivation are known to be that most students experiencing process barriers and psycho-social barriers are at a medium level, then most students experiencing physical and semantic barriers are at a low level. Keywords: Consensual Family Communication Patterns, Communication Barriers, Learning Motivation, Middle School Students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si ; 2). Saipiatuddin, M.Si
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 22850 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:12
Last Modified: 24 Jul 2024 02:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46212

Actions (login required)

View Item View Item