PERTUKARAN SOSIAL PEDAGANG KOPI KELILING DALAM STRATEGI PEMASARAN DI TENGAH MARAKNYA COFFEE SHOP DI KAWASAN SUDIRMAN, JAKARTA PUSAT

DIANA CHRISTIN, . (2024) PERTUKARAN SOSIAL PEDAGANG KOPI KELILING DALAM STRATEGI PEMASARAN DI TENGAH MARAKNYA COFFEE SHOP DI KAWASAN SUDIRMAN, JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk menjelaskan pertukaran sosial dalam strategi dari pedagang kopi keliling dan tantangan dalam melakukan pemasaran di tengah ramai bermunculan coffee shop di Kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Selanjutnya penelitian ini juga berfokus pada dasar dari tindak pertukaran sosial yang dilakukan pedagang kopi keliling yang berkaitan pada jejaring sosial dan pendidikan sebagai pekerja yang merantau dari Madura ke Jakarta. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan didukung oleh studi literatur. Subjek penelitian meliputi lima pedagang kopi keliling sebagai informan utama dan satu SatPol PP sebagai informan kunci serta terdapat triangulasi data dari konsumen kopi sebagai informan tambahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran pedagang kopi keliling dilatar belakangi oleh adanya dua faktor pendukung yaitu ekonomi dan sosial. Faktor ekonomi pemenuhan kebutuhan menjadi tuntutan sebagai pekerjaan yang tidak terikat pada atasan dengan menggunakan modal pribadi yang terjangkau bagi pedagang kopi keliling. Keterjangkauan usaha serta pemasaran menjadi hal yang mempengaruhi penentuan harga, ketepatan waktu usaha, kemudahan masuk ruang pasar dan bauran strategi pedagang dan memudahkan berbagai tingkatan masuk dalam segmentasi pasar. Sedangkan aspek sosial melalui teori pertukaran sosial dalam strategi pemasaran, terdapat ketertarikan hubungan yang saling menguntungkan antara pedagang kopi keliling dengan konsumen. Terdapat motif dari pertukaran sosial strategi pemasaran pedagang kopi keliling untuk tujuan keuntungan yang hanya dapat dibangun dengan interaksi pada konsumen, hal sebanding juga dilakukan konsumen.Dasar dari pertukaran sosial ini juga berkaitan erat dengan pertimbangan interaksi yang terjalin melalui jejaring sosial saudara sedaerah mengenai usaha sesama berdagang kopi keliling hingga dapat masuk dalam kelompok sosialnya. Kemudahan jejaring sosial ini masih memiliki tantangan yang harus dihadapi pedagang kopi keliling dari penertiban petugas, cuaca yang tidak dapat kendalikan disertai keterbatasan ruang dan kondisi fisik yang diutamakan. Selain itu, terdapat nilai pembelajaran dari pedagang kopi keliling sebagai pekerja usaha mikro, dimana kerja keras melakoni usaha dan kesabaran menjadi kunci bertahannya pedagang kopi keliling yang masuk dalam strategi pemasaran berdagang di perkotaan Kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Kopi Keliling, Pertukaran Sosial, Jejaring Sosial The main objective of this research is to explain the social exchange in strategies of mobile coffee traders and marketing challenges amidst the large number of coffee shops popping up in the Sudirman area, Central Jakaria. Furthermore, this research also focuses on the basis of social exchange acts carried out by traveling coffee traders which are related to social networks and education as workers who migrate from Madura to Jakarta. This research uses a qualitative approach with descriptive methods and data collection through observation, interviews, documentation and supported by literature studies. The research subjects included five mobile coffee traders as main informants and one SatPol PP as key informants and there was triangulation of data from coffee consumers as additional informants. The results of this research show that the marketing strategy of mobile coffee traders is motivated by two supporting factors, namely economic and social. The economic factor that meets the needs is the demand for work that is not tied to superiors using personal capital that is affordable for traveling coffee traders. Affordability of business and marketing are things that influence price determination, timeliness of business, ease of entering market space and the mix of traders' strategies and make it easier for various levels to enter market segmentation. Meanwhile, the social aspect through social exchange theory in marketing strategy, there is an interesting, mutually beneficial relationship between mobile coffee traders and consumers. There is a motive for social exchange in the marketing strategy of mobile coffee traders for the purpose of profit which can only be built by interaction with consumers, similar things are also done by consumers. The basis of this social exchange is also closely related to the consideration of interactions that occur through the social networks of relatives in the area regarding the business of fellow mobile coffee traders so that they can join their social group, The convenience of social networking still has challenges that mobile coffee traders have to face, namely controlling officers, uncontrollable weather, limited space and physical conditions which take priority. Apart from that, there is the value of learning from itinerant coffee traders as micro business workers, where hard work in running a business and patience are the keys to the survival of itinerant coffee traders who are included in the trade marketing strategy in the urban area of Sudirman, Central Jakarta Keywords: Marketing Strategy. Mobile Coffee. Social Exchange, Social Networking

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ciek Julyati Hiysam.MM.,MSi 2). Ike Arriany S.E.,M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2024 22:29
Last Modified: 24 Jul 2024 22:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46243

Actions (login required)

View Item View Item