PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS KRONOLOGI PADA MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 50 JAKARTA

NABILLA ALVIRA RIYADI, . (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS KRONOLOGI PADA MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran infografis kronologi pada model pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SMPN 50 Jakarta pada kelas VIII D yang berjumlah 36 peserta didik pada semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024 dari bulan Maret sampai April 2024. Metode peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif dan bentuk design penelitian One Group Pretest Posttest Design. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran infografis terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPS di SMPN 50 Jakarta. Terdapat peningkatan dalam hasil belajar dengan rata-rata, pada hasil pretest sebesar 52 dan pada hasil posttest sebesar 70. Pada pengujian hipotesis digunakan uji Paired Sample T-test, dan hasilnya menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 yang berarti nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran infografis. Kata Kunci: Pre-Eksperimental, Media Pembelajaran Infografis Kronologi, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS ABSTRACT : This research aims to determine the effect of chronological infographic learning media on student learning outcomes in social studies learning at SMPN 50 Jakarta in class VIII D, totaling 36 students in the even semester of the 2023/2024 academic year from March to April 2024. The research method used in This research is pre-experimental with a quantitative approach and a One Group Pretest Posttest Design research design. The results of this research show that there is an influence of infographic learning media on learning outcomes in social studies learning at SMPN 50 Jakarta. There was an increase in learning outcomes with an average of 52 pretest results and 70 posttest results. In hypothesis testing, the Paired Sample T-test was used, and the results showed that the significance value (2-tailed) was 0.000, which means the significance value is smaller than 0.05. Therefore, the alternative hypothesis (Ha) is accepted, and the null hypothesis (H0) is rejected. This means that there is a significant influence from the use of infographic learning media. Keywords: Pre-Experimental, Chronological Infographic Learning Media, Learning Outcomes, Social Studies Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof.Dr.Desy Safitri, M.Si 2) Dr.Sujarwo, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 22895 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:49
Last Modified: 24 Jul 2024 04:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46267

Actions (login required)

View Item View Item