MARSYANDA KAMALIA, . (2024) HIPERREALITAS PEMUJA IDOLA DALAM MASYARAKAT KONSUMSI (STUDI KASUS 6 PENGGEMAR BTS (ARMY) DI JAKARTA PUSAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (948kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (759kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (773kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama. Pertama, untuk mendeskripsikan terkait perilaku penggemar BTS ARMY dalam pemujaan idola. Kedua, untuk mendeskripsikan bentuk hiperrealitas pemuja idola dalam masyarakat konsumsi. Terakhir, untuk mendeskripsikan dampak dari hiperrealitas pemuja idola dalam masyarakat konsumsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data pada penelitian ini diperoleh melalui hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan studi literatur. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 (enam) orang informan yaitu penggemar K-Pop dalam fandom ARMY. Penelitian ini juga menggunakan triangulasi data meliputi 3 (tiga) orang informan triangulasi, antara lain 1 (satu) orang tua dari informan, 1 (satu) orang teman dekat informan, dan 1 (satu) orang adik kandung dari informan. Triangulasi yang digunakan juga dilihat berdasarkan unggahan gambar atau aktivitas informan sebagai seorang penggemar BTS ARMY melalui aplikasi media sosial Instagram dan Aplikasi X (twitter) informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku penggemar dalam pemujaan idola yaitu mendengarkan musik, mengikuti konten dan aktivitas artis idola, melakukan streaming dan voting, membawa aksesoris penggemar, membeli merchandise atau barang K-Pop, juga turut menonton atau mendatangi konser dan acara-acara yang berkaitan dengan artis idolanya. Perilaku penggemar terhadap budaya K-Pop tersebut membawa pengaruh yang besar terhadap daya tarik penggemar ke budaya Korea secara luas, salah satunya ketertarikan penggemar untuk mempelajari bahasa Korea. Adapun bentuk dari hiperrealitas yang membawa penggemar untuk melakukan pemujaan secara berlebihan, dimana penggemar banyak menghabiskan waktu, tenaga, dan uang untuk mengejar citra dan gaya hidup agar bisa lebih dekat dengan artis idola. Hal ini berhubungan dengan konsep simulakra dan hiperrealitas Jean Baudrillard, kecenderungan penggemar untuk memiliki kesamaan akan kesukaan dan perilaku agar bisa merasa lebih dekat dengan artis idolanya yaitu lewat pola perilaku yang dilakukan dan budaya yang dikonsumsi penggemar. Hiperrealitas juga mengakibatkan terjadinya pergeseran logika atas realitas penggemar dan budaya yang dikonsumsi penggemar. Terakhir, yaitu dampak sosial yang ditimbulkan adalah memiliki keinginan untuk memiliki peluang usaha, menabung, menemukan minat dan bakatnya serta bisa berempati dengan kesehatan mental dirinya sendiri, dan adapun dampak negatif dari adanya pemujaan idola adalah timbulnya sikap fanatisme dan gaya hidup yang konsumtif. Kata Kunci: Pemujaan Idola, Hiperrealitas, Budaya Populer, Fandom, ARMY, BTS This research has three main objectives. First, to describe the behavior of K-Pop ARMY fans in idol worship. Second, to describe the hyperreality of idol worshipers in consumer society. Finally, to describe the impact of the hyperreality of idol worship in consumer society. This research uses a qualitative research approach with a case study method. The data in this research was obtained through interviews, observation, documentation and literature study. The subjects of this research consisted of 6 (six) informants, namely K-Pop fans in the ARMY fandom. Then it was completed by 3 (three) triangulation informants, namely 1 (one) parent of the informant, 1 (one) close friend of the informant, and 1 (one) sibling of the informant. The triangulation used was also seen based on the informant's image uploads or activities as a K-Pop fan via the informant's social media application Instagram and Application X (twitter). The results of this research show that fan behavior in idol worship is listening to music, following idol artist content and activities, streaming and voting, bringing fan accessories, buying K-Pop merchandise or goods, also watching or attending concerts and related events. with his idol artist. Fans' behavior towards K-Pop culture has a big influence on fans' attraction to Korean culture at large, one of which is fans' interest in learning Korean. There is a form of hyperreality that leads fans to excessive worship, where fans spend a lot of time, energy and money to pursue an image and lifestyle in order to be closer to their idol artists. This is related to Jean Baudrillard's concept of simulacra and hyperreality, the tendency of fans to have similar likes and behavior in order to feel closer to their idol artists, namely through the patterns of behavior carried out and the culture consumed by fans. Hyperreality also results in a shift in the logic of fan reality and the culture that fans consume. Finally, the social impact that arises is having the desire to have business opportunities, save money, discover one's interests and talents and be able to empathize with one's own mental health, and the negative impact of idol worship is the emergence of fanaticism and a consumerist lifestyle. Keywords: Idol Worship, Hyperreality, Popular Culture, Fandom, ARMY, BTS
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Mayang Puti Seruni, M.Si. ; 2). Devi Septiandini, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 23294 not found. |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 23:06 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 23:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46328 |
Actions (login required)
View Item |