SALWA MAULIDA FITRI, . (2024) PENGARUH EXO SEBAGAI BRAND AMBASSADOR SCARLETT TERHADAP BRAND AWARENESS (STUDI PADA FOLLOWERS AKUN OFFICIAL SCARLETT @SCARLETT_WHITENING DI INSTAGRAM). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (666kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh EXO sebagai Brand Ambassador Scarlett Terhadap Brand Awareness (Studi pada followers akun official Scarlett @Scarlett_whitening di Instagram), dengan studi pada brand Scarlett di platform Instagram. Latar belakang penelitian ini bahwa di era digitalisasi seorang praktisi public relation (PR) merupakan salah satu ikon penting membangun hubungan dengan publik dan mempercepat penyebaran informasi tentang merek sehingga mampu meningkatkan brand awareness. Penggunaan selebriti sebagai brand ambassador merupakan strategi PR yang efektif untuk mencapai brand awareness suatu merek. Adanya fenomena dari penjualan produk Scarlett yang melonjak tinggi dengan bekerjasama dengan salah satu boy grup idola korea EXO, Scarlett mampu mengalahkan para kompetitor produk kecantikan lainnya dan meningkatnya kepercayaan masyarakat. Instagram sebagai salah satu platform yang relevan untuk studi ini karena para penggemar K-pop menggunakan platform Instagram untuk mencari informasi idolanya dan interaksi sesama penggemar K-pop. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori brand ambassador dan brand awareness. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei melalui kuesioner yang bersifat ekplanatif. Survei dilakukan terhadap 100 responden pengikut akun Instagram @scarlett_whitening. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang dan signifikan dari brand ambassador terhadap brand awareness. Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa brand ambassador EXO dapat menjadi strategi PR yang efektif untuk meningkatkan brand awareness di era digital. Praktisi PR perlu memahami kekuatan brand ambassador dan memanfaatkannya secara optimal untuk membantu merek mencapai tingkat brand awareness yang lebih tinggi dan meningkatkan kesuksesan di era digital yang kompetitif ini. This research aims to analyze the influence of EXO as Scarlett's Brand Ambassador on Brand Awareness (Study of followers of Scarlett's official account @Scarlett_whitening on Instagram), with a study of the Scarlett brand on the Instagram platform. The background to this research is that in the era of digitalization, a public relations (PR) practitioner is an important icon for building relationships with the public and accelerating the dissemination of information about brands so as to increase brand awareness. Using celebrities as brand ambassadors is an effective PR strategy to achieve brand awareness for a brand. There is a phenomenon of sales of Scarlett products soaring high. By collaborating with one of the Korean idol boy groups EXO, Scarlett was able to beat other beauty product competitors and increase public trust. Instagram is a relevant platform for this study because K-pop fans use the Instagram platform to look for information about their idols and interact with fellow K-pop fans. The theories used in this research are brand ambassador theory and brand awareness. The research method used is quantitative with a survey approach via an explanatory questionnaire. The survey was conducted on 100 respondents following the Instagram account @scarlett_whitening. The research results show that there is a positive and significant influence of brand ambassadors on brand awareness. This research provides empirical evidence that EXO brand ambassadors can be an effective PR strategy for increasing brand awareness in the digital era. PR practitioners need to understand the power of brand ambassadors and utilize them optimally to help brands achieve higher levels of brand awareness and increase success in this competitive digital era.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1). Mentari Anugrah Imsa,M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital |
Depositing User: | Users 22514 not found. |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 23:18 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 23:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46335 |
Actions (login required)
View Item |