KONSTRUKSI SOSIAL PENGGUNAAN PRODUK SINCARE REMAJA PUTRI DI SMK NEGERI 15 JAKARTA

SILVI APRIANI, . (2024) KONSTRUKSI SOSIAL PENGGUNAAN PRODUK SINCARE REMAJA PUTRI DI SMK NEGERI 15 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover depan.pdf

Download (781kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (334kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (283kB)
[img] Text
lampiran dan daftar riwayat hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui alasan remaja putri menggunakan produk skincare. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, serta teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) tertutup dan wawancara terbuka. Sampel dari penelitian ini berjumlah 52 responden yang merupakan remaja putri mengkonsumsi produk skincare berdasarkan kontruksi sosial. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling dengan kriteria responden yaitu remaja putri di SMK Negeri 15 Jakarta. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penggunaan skincare oleh remaja putri adalah hasil dari konstruksi sosial yang kompleks, melibatkan proses eksternalisasi, objektivitas, dan internalitasi. Penggunaan skincare oleh remaja putri merupakan hasil dari konstruksi sosial yang kompleks yang dipengaruhi oleh faktor pengaruh sosial, faktor budaya, faktor media sosial, dan faktor ekonomi. Pengaruh sosial budaya ini berasal dari pengaruh media sosial, teman sebaya, dan keluarga. Sehingga penggunaan skincare oleh remaja putri di SMK Negeri 15 Jakarta tidak lagi dianggap sebagai pilihan individu semata, tetapi menjadi bagian dari norma sosial yang diterima. ***** This studyaims to find out the reasons whyadolescent girls use skincare products. This study uses quantitativedescriptivemethods, aswellasdatacollectiontechniquesusingclosedquestionnaires and open interviews. The sample from this study is 52 respondents who are adolescent women consuming skincare products based on social construction. The sampling technique uses purposive sampling with the respondent criteria, namely adolescent girls at SMK Negeri 15 Jakarta. The results of this study show that the use of skincare by adolescent girls is the result of complex social constructions, involving the process of externalization, objectivity, and internalization. The use of skincare by adolescent girls is the result of a complex social construction that is influenced by social influencing factors, cultural factors, social media factors, and economic factors. This socio-cultural influence comes from the influence of social media, peers, and family. So that the use of skincare by young women at SMK Negeri 15 Jakarta is no longerconsideredasanindividualchoicealone,butbecomespartoftheacceptedsocialnorm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dian Alfia Purwandari, SE,M.Si. ; 2). Achmad Nur Hidayaht, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 23524 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 23:35
Last Modified: 29 Jul 2024 23:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46395

Actions (login required)

View Item View Item