PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN GONDANGDIA 01 PAGI

SITI ALIAH, . (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN GONDANGDIA 01 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (825kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan wawancara dan observasi awal yang dilakukan di SDN Gondangdia 01 Pagi ditemukan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas VA belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPA siswa kelas V SDN Gondangdia 01 Pagi melalui penerapan model Student Facilitator And Explaining pada materi magnet. Subyek penelitian ini adalah kelas V SDN Gondangdia 01 Pagi dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dari 14 siswa perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi 4) Refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil tes belajar siswa yang diperoleh pada siklus I, yakni siswa yang tuntas 15 dari 29 siswa atau persentase ketuntasan klasikal sebesar 52% serta aktivitas siswa dalam kategori baik. Pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 83% serta aktivitas siswa dalam kategori sangat baik. Dengan demikian penerapan Student Facilitator And Explaining dalam pembelajaran IPA pada materi magnet dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Gondangdia 01 Pagi. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Student Facilitator And Explaining, IPA ***** Based on interviews and initial observations conducted at SDN Gondangdia 01 Pagi, it was found that the science learning outcomes of class VA students had not reached the specified Minimum Completeness Criteria (KKM). Therefore, this research aims to improve the science learning outcomes of class V students at SDN Gondangdia 01 Pagi through the application of the Student Facilitator And Explaining model to magnetic material. The subject of this research was class V of SDN Gondangdia 01 Pagi with 29 students consisting of 15 boys from 14 female students. This research is classroom action research consisting of two cycles. The research design follows the research stages which refer to the modification of the Kemmis and Mc diagram. Taggart, namely 1) Action planning, 2) Implementation of action, 3) Observation 4) Reflection. The instruments used were teacher and student observation sheets as well as learning outcomes tests from cycle I to cycle II. The student learning test results obtained in cycle I were that 15 of the 29 students completed the test or a classical completion percentage of 52% and student activity was in the good category. In cycle II, classical completeness was obtained at 83% and student activities were in the very good category. Thus, the application of Student Facilitator and Explaining in science learning on magnetic material can improve the learning outcomes of class V students at SDN Gondangdia 01 Pagi. Keywords: Learning Outcomes, Student Facilitator and Explaining Model, IPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. ; 2). Dra. Endang M Kurnianti, M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Siti Aliah .
Date Deposited: 25 Jul 2024 00:12
Last Modified: 25 Jul 2024 00:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46449

Actions (login required)

View Item View Item