RADITIYO WICAKSONO, . (2020) UPAYA PARA PENGUSAHA TIONGHOA MUDA MELANJUTKAN USAHA BATIK RATUSAN TAHUN, STUDI GROUNDED THEORY DI LASEM, JAWA TENGAH. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1 TESIS RADIT PDF.pdf Download (273kB) |
|
Text
BAB 2 TESIS RADIT PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3 TESIS RADIT PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4 TESIS RADIT PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5 TESIS RADIT PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (501kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Batik Lasem adalah kekayaan budaya kreatif Indonesia. Keberadaan Batik Lasem saat ini, tak bisa dilepaskan dari upaya para pengusaha Tionghoa yang tetap mempertahankan wirausaha batik Lasem turun-temurun sejak ratusan tahun lalu. Sempat terpuruk di era tahun 1960an batik Lasem bangkit kembali di tahun 2000an dihidupkan kembali oleh para generasi penerus usaha keluarga. Penelitian ini mencoba menggali motivasi dan cara usaha apa saja yang melatar belakangi para pengusaha batik Lasem Tionghoa yang rata rata berusia muda menghidupkan/melanjutkan usaha batik Lasem ratusan tahun. Menggunakan pendekatan kualitatif melalui grounded theory, dengan alat analisis software Nvivo 12, peneliti menemukan bahwa ketertarikan berwirausaha, kebutuhan berwirausaha, keinginan untuk berkembang dan imbalan kewirausahaan menjadi motivasi utama para pengusaha batik Lasem Tionghoa melanjutkan usaha batik ratusan tahun. Penelitian ini juga menemukan cara wirausaha yang dilakukan para pengusaha batik Lasem Tionghoa yaitu, meneruskan/melanjutkan cara usaha yang sudah berjalan dan memulai usaha dari nol Kata Kunci: keberlanjutan wirausaha, kewirausahaan budaya, motivasi kewirausahaan, kewirausahaan keluarga, etos bisnis warga tionghoa ABSTRACT Batik Lasem is a wealth of Indonesia's creative culture. The existence of Lasem Batik at this time cannot be separated from the efforts of Chinese entrepreneurs who have kept Lasem's batik entrepreneurs hereditary for hundreds of years. Had slumped in the era of the 1960s Lasem batik rose again in the 2000s revived by the next generation of family businesses. This study tries to explore the motivations and ways of business that lay behind the Chinese batik entrepreneurs Lasemoa who on average young to live / continue the Lasem batik business hundreds of years. Using a qualitative approach through grounded theory, with software analysis tools Nvivo 12, researchers found that interest in entrepreneurship, entrepreneurial needs, the desire to develop and entrepreneurial rewards became the main motivation for Lasem Tionghoa batik entrepreneurs to continue their batik business for hundreds of years. This study also found ways of entrepreneurship carried out by Chinese Lasem batik entrepreneurs namely, continuing the way of business that was running and starting a business from scratch Keywords: entrepreneurship sustainability, cultural entrepreneurship, entrepreneurial motivation, family entrepreneurship, Chinese business ethics
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Agung Wahyu Handaru ST, MM 2) Usep Suhud M.Si, Ph.D |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok Manajemen > Manajemen , Business Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis |
Divisions: | FE > S2 Manajemen |
Depositing User: | Users 1164 not found. |
Date Deposited: | 20 Mar 2020 11:25 |
Last Modified: | 20 Mar 2020 11:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4655 |
Actions (login required)
View Item |