PEMANFAATAN SITUS PRASASTI BATU TULIS SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH LOKAL DI SMKN 3 BOGOR

FAISAR FADZIL, . (2024) PEMANFAATAN SITUS PRASASTI BATU TULIS SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH LOKAL DI SMKN 3 BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover, Abstrak, Lembar Pengesahan, Lembar Originalitas, Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi, Kata Pengantar dan Daftar Isi. _compressed.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB II_compressed (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka_compressed.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan situs prasasti sebagai media pembelajaran sejarah Indonesia di SMK Negeri 3 Kota Bogor. terutama dalam pengenalan dan pengajaran sejarah lokal. Keterbatasan sumber belajar yang inovatif menyebabkan situs sejarah lokal semakin terabaikan dan kurang dikenal oleh masyarakat, sehingga diperlukan media belajar yang mencakup sumber sejarah lokal yang efektif, terutama bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bogor. Kearifan lokal dan sejarah lokal adalah kunci dalam mengenalkan identitas diri dan kedaerahan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan situs Prasasti Batu Tulis sebagai sumber belajar yang efektif untuk mengenalkan kearifan lokal dan karakter masyarakat Kota Bogor, khususnya bagi siswa SMK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik survei melalui penyebaran angket menggunakan google formulir. Jenis angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis angket terbuka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan hasil jawaban responden dengan tabel frekuensi dan persentase dan disertai dengan penjelasan. Populasi target yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMKN 3 Kota Bogor, dengan diambil sampel sebanyak 56 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik sampling acak sederhana (simple random sampling). Hasil dari analasis dari penilitian yang memperoleh data dari wawancara, observasi serta penyebaran angket untuk memperoleh data secara mendetail disumpulkan bahwa lebih dari 47 orang atau 84 % dari jumlah responden memiliki minat dalam memperdalam identitas kedaerahan dengan menggunakan situs Prasasti Batu Tulis sebagai sumber belajar utama dalam Pembelajaran Sejarah Lokal di sekolah. ***** This research aims to utilise the inscription site as a medium for learning Indonesian history at SMK Negeri 3 Bogor City, especially in the introduction and teaching of local history The limited number of innovative learning resources causes local historical sites to be increasingly neglected and less known by the public, so learning media that includes effective local historical resources are needed, especially for students of Vocational High Schools (SMK) in Bogor City Local wisdom and local history are the keys in introducing self-identity and regional identity to students This research aims to utilise the Batu Stulis Inscription site as an effective learning resource to introduce local wisdom and the character of the people of Bogor City, especially for vocational school students. The research method used in this study is descriptive research with survey techniques through the distribution of questionnaires using Google forms The type of questionnaire used in this study is an open questionnaire The data analysis technique used in this study is qualitative descriptive analysis, namely by describing the results of the respondents' answers with a frequency and percentage table and accompanied by an explanation The target population studied in this study is Year 10 students at SMKN 3 Bogor City, with a sample of 56 students The sampling technique used in this study is by using a simple random sampling technique. The results of the analysis of the research that obtained data from interviews, observations and the dissemination of questionnaires to obtain detailed data were collected that more than 47 people or 84% of the total respondents had an interest in deepening regional identity by using the Batutulis inscription site as the main learning source in Local History Learning in schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nur'aeni Marta, S.S., M.Hum. ; 2). Humaidi, S.Pd., M.Hum.
Subjects: Ilmu Sejarah > Kronologis Sejarah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2024 05:47
Last Modified: 25 Jul 2024 05:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46551

Actions (login required)

View Item View Item